Enam Tips Jaga Tubuh Agar Tetap Fit Ketika Jalani Kesibukan yang Padat

Hepi
Bagi sebagian besar perempuan urban yang sibuk berkarier, menjalani banyak aktivitas setiap hari sudah menjadi sebuah rutinitas. Tidak jarang mereka selalu berangkat pagi, pulang larut malam seolah-olah tak memperhatikan kesehatan tubuh.

Karena itu, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya jatuh sakit karena terlalu memforsir tubuh untuk bekerja tanpa memperhatikan pola makan, waktu tidur, dan kurang berolahraga. Aku dan kalian mungkin juga pernah mengalaminya. Jika sudah begitu, pekerjaan pun tidak akan cepat selesai, namun justru menghambat, karena kondisi tubuh yang tidak sehat.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit ketika sedang menjalani kesibukan yang padat. Kira-kira apa saja ya? Berikut di bawah ini enam tips menjaga tubuh agar selalu fit ketika menjalani kesibukkan yang padat:

1. Siapkan Bekal Makanan Sendiri
Ketika akhir pekan atau mendapat jatah libur, jangan hanya menggunakan waktu untuk istirahat saja atau berwisata. Namun coba manfaatkan waktu luang tersebut untuk mengorganisir dan menyiapkan menu makanan untuk dijadikan bekal ke kantor.

Kalian bisa memilih menu makanan seperti nasi, sayuran hijau, lauk kaya protein, serta buah.

Memasak
Kalian juga bisa lho siapkan menu salad sayur jika sedang diet. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol asupan gizi dan vitamin yang masih ke tubuh. Sehingga ketika agenda sedang padat, kesehatan tubuh akan tetap terjaga melalui makanan.

Ketika WFO aku rajin membawa bekal makan siang. Biasanya pada akhir pekan aku buat stok bumbu. Bawang merah dan bawang putih kuhaluskan. Kutaruh masing-masing dalam toples bersih lalu kutaruh di kulkas.

Jika ada udang maka udang kubersihkan kulit dan kepalanya lalu kutaruh di kulkas. Jika kumasak besok maka kutaruh di rak, selebihnya di frezer.

Proses ini bikin masak jadi lebih cepat. Selama WFH, hal ini juga selingan yang menyenangkan. Cobalah.

2. Gerakkan Tubuh Selama Bekerja
Ketika sedang fokus mengejar deadline, kalian biasanya hanya akan terpaku duduk di hadapan komputer selama berjam–jam saja kan? Hal tersebut akan membuat peredaran darah tidak lancar, otot menjadi kaku, dan stress pun mudah datang. Tidak enak, bukan?!

Karena itu, sesibuk apapun kamu, upayakan untuk tetap aktif bergerak. Tidak perlu yang susah-susah, kalian bisa hanya berjalan kaki ke pantry ketika mengambil gelas, atau hanya sekedar membeli makan siang sendiri ke kantin juga bisa membantu meregangkan otot tubuh yang kaku akibat terlalu lama duduk.

Melemaskan tubuh
Apabila bekerja dari rumah maka kalian bisa berolah raga ringan selang beberapa waktu, berjalan ke dapur, atau mengangkat jemuran yang sedang kering. Sambil melemaskan badan juga menyegarkan pikiran.

3. Usahakan Tidur Dengan Waktu Yang Cukup
Banyak ahli mengatakan bahwa tidur merupakan cara paling ampuh untuk mengembalikan lagi stamina. Karena itu, usahakan agar kalian tidur kurang lebih delapan jam sehari agar tenaga pulih kembali keesokan harinya.

Namun, jika kesibukanmu terlalu padat dan membuat kamu hanya memiliki waktu beberapa jam saja untuk tidur, maka pergunakanlah waktu tersebut dengan maksimal.

Tidur cukup
Caranya? Jauhkan gawai dan redupkan cahaya jelang tidur. Bersihkan wajah dan cuci kaki agar badan bersih dan siap ke peraduan.

4. Mengkonsumsi Air Putih Yang Banyak
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air putih ternyata mampu meningkatkan energi, menjaga berat badan, serta membuang racun dalam tubuh.

Minum air putih
Jumlah air yang harus dikonsumsi tergantung pada tinggi, berat badan dan aktivitas kalian. Namun pada umumnya dalam sehari kita perlu mengonsumsi 2,5 liter air atau setara dengan delapan gelas air agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik dan stamina tetap terjaga.

5. Olahraga 30-60 Menit Per Hari
Kalian salah besar apabila berpikir tidak mungkin bisa meluangkan waktu untuk berolahraga karena memiliki aktivitas yang padat. Sebab, olahraga merupakan hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga stamina tubuh.

Meditasi
Apabila tubuh tidak fit, maka kalian juga tidak akan bisa bertahan lama dalam menjalani kesibukan setiap harinya. Jadi, sesibuk apapun kalian, usahakan sisakan waktu setidaknya 30 menit hingga satu jam per hari untuk berolahraga.

6. Mengonsumsi Suplemen
Vitamin, serat, dan mineral sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Kalian bisa mendapatkannya di makanan sehari-hari seperti buah, sayuran, dan lauk-pauk.

Vitamin dan mineral
Apabila kalian merasa kebutuhan kalian belum tercukupi maka kalian juga bisa mengonsumsi suplemen yang mampu memperbaiki imunitas tubuh seperti Rhea Health Tone. Ini merupakan suplemen dari bahan alami yang aman dikonsumsi. Suplemen alami ini terbuat dari ekstrak tanaman obat dengan antioksidan yang kuat dan khasiat minyak atsiri untuk memperbaiki imunitas tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat.

Tubuh yang sehat adalah karunia Tuhan yang patut kita syukuri. Mari kita rawat dan jaga kesehatan tubuh agar kita bisa terus beraktivitas.

Gambar dari pexels

~ oleh dewipuspasari pada Juli 11, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: