Musim Panas 1997 yang Berkesan di “Last Summer”

Last summer
Deniz adalah remaja pemalu berusia 16 tahun. Kini badannya ramping dan tumbuh tinggi. Ia juga semakin mahir berenang. Ketika keluarganya melewatkan libur musim panas di vila mereka di Bodrum, Deniz ingin mencobai hal-hal baru. Termasuk merasai cinta. Kisah Deniz pada liburan musim panas 1997 tertuang dalam film berjudul “Last Summer” alias “Gecen Yaz”. 

“Last Summer” adalah film drama remaja Turki. Dalam film yang disutradarai oleh Ozan Açiktan dan naskahnya ditulis bareng oleh Ozan dan Sami Berat Marçali ini, tokoh utamanya adalah Deniz. Selama liburan musim panas ia terus memerhatikan Asli, gadis sebaya dengan kakak perempuannya, Ebru.

Penampilan Deniz (Enver Ceylan) yang makin ramping dan tampan menjadi bahan bercandaan kawan-kawan yang ia jumpai di Bodrum. Setiap liburan musim panas, keluarga Deniz, termasuk Ebru dan Deniz menghabiskan waktunya di sini, berenang di kolam renang, bermain air di pantai, juga menjelajahi tebing-tebing karang dan berlayar.

Tapi tahun 1997 berbeda. Deniz mulai menyukai seseorang. Sayangnya ia dua tahun lebih tua darinya, kawan bermain kakaknya. Asli (Ece Çesmioglu) ini cantik dan penuh semangat. Berbeda dengan dirinya yang pemalu dan pendiam.

Last summer
Ia akhirnya lebih sering menguntit kakaknya dan kawan-kawannya, daripada bermain dengan teman sebayanya. Pernah ia dikerjain oleh mereka. Ia sudah menunggu lama sejak pagi di pantai hingga ketiduran.

Eh ternyata mereka baru datang siang hari. Alhasil wajahnya terbakar. Wajahnya jadi seperti kepiting rebus. Kabar baiknya, Asli merasa kasihan dan membantunya mengoleskan salep ke punggungnya.

Namun rupanya ada seseorang yang naksir Asli. Ia pemuda tampan yang juga berbahaya. Burak, namanya. Ia memiliki kedai minuman beralkohol dan mengajak Deniz mencobanya.

Burak memberikan pengaruh buruk ke Deniz dari miras hingga narkoba. Hal ini membuat Ibunya memarahinya karena sering pulang pagi.

Namun yang paling bikin kesal Deniz, Asli sepertinya juga menyukai Burak. Ehm apalah Deniz akhirnya bisa mengambil hati Asli?

Burak dan Asli
Cerita dalam film remaja ini manis. Ia menggambarkan perubahan karakter Deniz yang pendiam dan pemalu menjadi sosok yang ingin mencoba-coba sesuatu, meski berbahaya.

Deniz adalah remaja yang baik. Hanya ia sering dimanfaatkan dan sulit menyampaikan pendapatnya. Ia ingin berbaur, hanya sayangnya ia terimbas pengaruh buruk.

Asli sendiri gadis menyenangkan yang penuh semangat. Interaksi Deniz dan Asli sebenarnya lebih seperti adik dan kakak.

Gaya berceritanya memang berbeda dengan drama percintaan Hollywood pada umumnya. Tempo berceritanya agak lambat. Namun dari adegan sehari-hari yang banyak menyorot Deniz yang suka berenang dan kemudian hubungannya dengan Burak dan Asli, penonton diberikan gambaran perubahan karakter Deniz secara perlahan-lahan. Pengaruh lingkungan pertemanan memang bisa berbahaya.

Oleh karena latar waktunya tahun 1997 maka tak ada ponsel. Para remajanya lebih suka berinteraksi langsung dan bermain di luar.

Bodrum
Yang paling kuapresiasi dari film ini selain akting jajaran pemainnya yang apik, juga latar ceritanya. Panorama Bodrum, yaitu kota pinggiran laut di Turki sungguh menawan. Tebing-tebingnya, jalanannya yang berkelok-kelok, juga pantainya sungguh indah.

Gambar: Netflix

~ oleh dewipuspasari pada Juli 13, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: