8 Destinasi Wisata yang Harus Kalian Kunjungi Saat Liburan di Malang

Candi badut

Omong-omong tentang Malang, kampung halamanku ini merupakan kota terbesar kedua setelah Surabaya. Lokasinya terletak di Jawa Timur agak ke selatan, dengan topografi daratan tinggi dan juga deretan pantai di bagian selatan. Inilah yang membuat Malang kaya akan berbagai destinasi wisata yang dapat kalian kunjungi saat liburan. Terdapat berbagai julukan yang ditujukan ke kota Malang, seperti Kota Pelajar, Kota Pendidikan, Kota Apel, Kota Bakso, dan juga Kota Kuliner.

Julukan tersebut memberikan kesimpulan Malang memiliki berbagai destinasi wisata yang harus kalian kunjungi. Berikut ini delapan rekomendasi destinasti wisata Malang.

1. Jatim Park 1
Apabila kalian menyukai wahana bermain seperti Dufan, kalian juga bisa kunjungi Dufannya Jawa Timur, yang dikenal dengan Jatim Park 1. Lokasinya ada di Batu, tak jauh dari pusat kota Malang.

jatim park 1

Seru-seru seram (dokpri)

Terdapat beragam wahana di sini dimulai dari yang menyenangkan seperti bom-bom car hingga menegangkan seperti rumah horor. Oh iya di sini juga ada wahana yang mengandung pendidikan.

Kalian dapat mengunjungi Jatim Park 1 yang berada di Jalan Kartika, Nomor 2, Sisir, Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuk ke Jatim Park 1 sekitar Rp.50.000. Biasanya ada tiket bundle ke Jatim Pak II dan BNS.

2. Candi Badut
Mengunjungi destinasi wisata tidak selalu mengeluarkan banyak biaya. Kalian bisa kunjungi Candi Badut dengan biaya terjangkau.

candi badut

Candi peninggalan kerajaan Kanjuruhan. Tempatnya asri (dokpri)


Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kanjuruhan, kerajaan tertua di kota Malang. Di sini suasananya asri dan tentram, taman yang mengelilingi candi terpelihara dengan baik. Candi Badut ini berada di Jalan Candi 5D, Doro, Karangwidoro, Dau, Malang, Jawa Timur.

3. Taman Selekta
Jika kalian liburan ke Malang kalian dapat kunjungi Taman Selekta yang menyediakan pemandangan indah dan asri. Kalian juga dapat menaiki beberapa wahana yang dikelilingi dengan pemandangan alam yang membuat pikiran menjadi rileks.

selekta

Selekta ini sudah ada sejak aku kecil, sampai sekarang tetap terawat (gambar dari jejakpiknik)


Omong-omong Taman Selekta ini dulu favoritku waktu masih kecil. Rasanya seru main air di sini, karena airnya sungguh dingin. Selain itu ada banyak taman bunga di sini sehingga bikin mata terasa sejuk.

Kalian dapat memasuki kawasan Taman Selecka dengan membayar tiket seharga Rp.40.000. Lokasi Taman Selecta berada di Jalan Raya Selecta, Nomor 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu.

4. Taman Sengkaling
Apabila kalian ingin menikmati pemandangan alam yang sejuk dan indah, tak jauh dari pusat kota maka kalian dapat kunjungi Taman Sengkaling yang berada di Jalan Raya Mulyoagung, Nomor 188, Jetis, Mulyoagung Dau, Malang.

sengkaling

Sengkaling banyak wahana airnya (Sumber: Dolan Yok)

Dulu tempat ini juga favoritku karena ada banyak sekali kolam renang di sini. Aku dan kakak mencobai berbagai kolam renangnya. Selain itu ada semacam kastil dan ikan paus di sini yang dulu bagiku seperti istana dongeng.
Sengkaling ini sampai sekarang terawat dengan baik. Fasilitasnya pun beraam. Kini di dalam Taman Sengkaling, juga ada wahana permainan air dan bioskop.

5. Kampung Jodipan
Kampung Jodipan ini ngehits dan dikenal sebagai kampung warna-warni. Ada banyak spot menarik untuk berfoto. Omong-omong di sini sudah jadi jujugan wisatawan, jadi lokasi syuting film, juga syuting video klip artis mancanegara. Kampung Jodipan ini juga memiliki banyak lukisan 3D dengan tema hewan.

jodipan

Kampung Jodipan banyak spot foto (Sumber: Travel Kompas)



Bagi kalian yang berminat ke Kampung Jodipan, kalian bisa kunjungi alamatnya yang terletak di Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Lokasinya tak jauh dari Stasiun Kota Baru Malang. Jika lelah berjalan kaki, bisa naik becak motor ke sini atau naik angkutan umum.

6. Flora Wisata San Terra de Lafonte
Bagi kalian yang ingin mencari spot foto dipenuhi dengan hamparan taman bunga dan bangunan menarik dari beberapa negara, kalian bisa kunjungi Flora Wisata San Terra de Lafonte yang terletak di Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Malang.

flora

Ada miniatur dunia dan beragam flora (Sumber: Tribun Travel)


Di sini juga ada bioskop mini dan beragam wahana permainan. Tempat ini tergolong wisata baru dan lumayan ramai dikunjungi wisatawan.

7. Lembah Indah
Bagi kalian yang ingin mengunjungi destinasi wisata yang menyediakan pemandangan asri dan terdapat berbagai fasilitas, kalian bisa kunjungi Lembah Indah yang berada di Gendogo, Balesari, Ngajum, Malang. Tempatnya adem, enak buat refreshing.

lembah indah

Lembah Indah cocok buat ngadem (Sumber: Merdeka)



8. Puncak Bundu
Para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan seperti pegunungan dan sungai yang cocok untuk dijadikan spot foto di Malang, kalian bisa kunjungi Puncak Bundu. Lokasi dari Puncak Bundu berada di Desa Purwoharjo, Ampelgading, Malang. Harga tiket masuk Puncak Bundu sekitar Rp.5.000 per orang. Puncak Bundu tergolong destinasi wisata anyar di kota Malang, namun sudah jadi incaran wisatawan.

bundu

Cari tempat refreshing yang adem bisa di Puncak Bundu (Sumber: Ping Point)


Itulah rekomendasi berbagai destinasi wisata yang harus kalian kunjungi saat berada di Malang untuk liburan. Oh iya juga ada pantai-pantai sih di Malang bagian selatan, bagi yang suka main air. Nah, mana destinasi wisata yang ingin kalian kunjungi?

~ oleh dewipuspasari pada September 13, 2021.

2 Tanggapan to “8 Destinasi Wisata yang Harus Kalian Kunjungi Saat Liburan di Malang”

  1. Pas banget postnya utk aku yg br pindah Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: