Dapat Kejutan dan Dapat Wawasan dari BloggerDay 2022

bloggerday 2022

Tanggal 27 Februari 2022 merupakan hari yang istimewa dan ditunggu-tunggu oleh para blogger yang tergabung dalam Bloggercrony. Pasalnya hari tersebut merupakan hari peringatan HUT ke-7 Bloggercrony Community. Usia yang sudah matang untuk sebuah komunitas. Dan hari ini juga istimewa bagiku karena ada kejutan dan juga aku bisa tambah wawasan tentang berbagai hal, dari metaverse, mencintai kegiatan menulis, hingga tentang menemukan potensi diri kita.

Kenal dengan komunitas ini dari pendirinya, Wardah Fajri alias kak Wawa. Lalu ada mas Satto Raji alias Santo Rahmawan (waktu itu bingung ini siapa ya, ternyata mas Satto hahaha), yang merupakan suami kak Wawa. Juga ada kak Anesa Nisa. Kak Wawa ini sendiri dulu adalah salah satu admin Kompasiana, yang telaten mengurus komunitas. Kak Anesa ini dulu kali pertama kenal di acara nangkring Kompasiana, seingatku waktu acara Infokus. Dari sejak tahun 2015 itulah aku kenal komunitas ini dan lumayan aktif mengikuti kegiatan-kegiatannya.

pengurus bloggercrony dan panitia bloggerday 2022

Ini dia BCN Squad yakni pengurus inti dan pendiri Bloggercrony

Selain pendiri, juga ada pengurus inti Bloggercrony yang disebut BCN Squad. Mereka saat ini ada bertujuh, ada kak Yayat, Fawwaz, Uchi alias Risalah Husna, Akbar Muhibar, Bowo Susilo, Wiwid Wadmira, dan Uniiyani SD.

Bloggercrony memang punya banyak kegiatan seru. Ada BloggerHangout di mana kita bisa kumpul-kumpul sesama blogger sembari mendapatkan ilmu yang bergizi. Dulu aku ingat pernah dapat ilmu tentang kontroversi Undang-undang ITE bersama mas Anwari Natari dan Elza Syarief yang masing-masing merupakan wartawan dan pengacara.

Lalu belajar menulis secara efektif bersama mas Anwari Natari pada saat bulan Ramadhan sekalian berbuka puasa bersama, kemudian juga pernah dapat asupan cara menulis dengan cara story telling dan cara menerbitkan buku bersama Wahyu Media Group. Dulu juga pernah dapat kelas belajar membuat aksesories di Institut Kesenian Jakarta, nobar berbagai film, ngobrol bareng para pemain film, serta acara kulineran di Bassura City. Banyak deh dan seru-seru.

meet me after sunset

Bloggercrony juga beberapa kali dapat undangan bertemu pemain dan nobar film Indonesia

Nah saat BloggerHangout ini ada beberapa kesan-kesan menarik. Yang pertama tentang mas Anwari Natari. Ada banyak ilmu tentang penulisan yang menarik dari beliau. Mas Away, sapaannya, ini pandai dan seru dalam memaparkan materi sehingga banyak peserta yang suka mendengarkannya dan menyimaknya dengan baik. Aku senang dengan materi tentang kalimat efektif atau bagaimana membuat mindmapping untuk membuat ide tulisan. Oh iya tentang mindmapping aku sampai sekarang masih mempraktikannya.

Karena mas Away murah dalam membagikan ilmu, maka BloggerCrony sering mengundangnya. Terhitung aku sudah empat kali pernah mendapat materi darinya.

mas   away

Mas Away pernah memberikan materi tentang mindmapping

Ang Tek Khun

Ang Tek Khun adalah editor penerbit ternama

Yang kedua adalah tentang materi membuat buku dari blog alias Blog to Book. Nah tak disangka sejak tahun 2020 aku bisa membuat buku solo sendiri, di mana beberapa di antaranya merupakan artikel yang sebelumnya kuunggah ke dalam blog. Pembicara dari acara ini, Pak Ang Tek Khun sendiri sudah 1,5 tahun ini menjadi partnerku dalam mengedit tulisan untuk dibuat dalam majalah film bulanan, KO-Magz. Menarik dan misterius kan bagaimana takdir dan perjalanan hidup itu terjadi.

Acara menarik lainnya dari BloggerCrony adalah BloggerPreneur yakni mengembangkan jiwa kewirausahaan para blogger. Lalu juga ada BloggerCare yang merupakan kegiatan belasungkawa dan kegiatan sosial. Bloggercrony telah memberikan banyak bantuan ke musibah di berbagai daerah, juga kepada teman-teman blogger yang pernah mengalami banjir dan Covid-19.

Uwan

Uwan nyanyi di acara BloggerDay 2022

 

BloggerDay 2017

BloggerDay 2017 kali pertama aku mengikuti BloggerDay

Acara puncak dan merupakan perayaan ulang tahun dari komunitas ini adalah BloggerDay. Aku baru mengikutinya empat kali. Yang pertama di Bogor tahun 2017, lalu tahun 2018 di Hotel Ashley Jakarta, serta tahun 2021 dan 2022 secara daring.

Mengapa acara ini sayang dilewatkan? Karena materi-materinya menarik, juga ibarat halal bihalalnya para blogger yang tergabung dalam Bloggercrony. Biasanya ada 100 peserta. Seru dan rame, bukan?!

Nah tahun ini Bloggercrony juga diadakan secara daring. Aku masuk dalam daftar tunggu dan untunglah kemudian ada penambahan peserta untuk umum sehingga aku bisa mendapatkan keseruan dan wawasan yang menarik. Aku maklum masuk dalam daftar tunggu karena banyak blogger yang rupanya belum pernah ikut sama sekali acara istimewa ini.

metaverse

Dapat wawasan tentang metaverse

Di acara ini ada materi aktual tentang metaverse dari Tuhu Nugraha dan Anwari Natari. Intinya metaverse ke depan akan terjadi. Anak-anak dan pecinta game akan lebih cepat beradaptasi. Kita tak perlu takut dengan adanya metaverse ini, mungkin sensasi dan pengalamannya nanti seperti halnya kita berjumpa dengan medsos atau pertama kali bermain game. Akan ada peluang, juga sama halnya dengan teknologi lainnya ada sisi positif dan negatifnya.

Yang kedua yakni tentang mencintai menulis dan menikmati proses menulis hingga mendapatkan hasilnya. Materi ini disampaikan oleh mas Matahari Timoer dan Joe Chandra. Materi yang menggugah agar kita tetap rajin menulis karena akan ada sesuatu yang menyenangkan saat proses dan saat memanen hasilnya. Mas Matahari dikenal dengan tulisannya yang tajam dan bernas. Sedangkan Mas Joe Chandra sering kali menang lomba blog berhadiah besar. Mas Joe juga membeberkan cara ia mendapatkan uang dari adsense.

ilmu menulis

Gugah semangat menulis dari mas Matahari Timoer dan Joe Chandra

Dan yang terakhir adalah materi tentang penggalian potensi diri. Siapa tahu kita punya bakat menggambar dan mendongeng, dan kita ingin memaksimalkan potensi tersebut. Ilmu ini disampaikan oleh kak Tsurayya Syarif Zain. Ia tak pelit membagikan tentang peluang di masa pandemi, keahlian yang perlu dimaksimalkan pada tahun 2020 ke atas sepertiĀ  complex problem solving dan sebagainya.

Aku dapat banyak ilmu selama lima jam ini. Dan yang bikin aku gembira dan senang, aku dapat kejutan. Rupanya aku dapat penghargaan Most Wanted Blogger 2022. Wah ini kejutan menyenangkan. Terima kasih banyak.

ilmu potensi diri

Dapat ilmu gali potensi diri

 

 

 

~ oleh dewipuspasari pada Maret 13, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: