Wayang Mungil

Wayang
Ketika melihat kerajinan tangan wayang ini aku langsung jatuh cinta. Apalagi ketika melihat ada begitu banyak karakter wayang dari kisah epik Mahabarata dan Ramayana yang jarang kudengar.

Aku memesannya di sebuah kerajinan di Bantul untuk acara peringatan hari film nasional yang diadakan hari ini di Museum Penerangan. Harapanku akan makin banyak yang cinta akan kisah pewayangan.

Film Ramayana dan Mahabarata yang dulu tayang di teve itu menarik. Begitu juga dengan pagelaran wayang wong yang dulu sering diputar di teve. Selain itu bukankah kisah Gatotkaca akan difilmkan?

Menariknya dari kerajinan ini selain warna dan desainnya yang menarik yaitu penjelasan di tiap karakternya. Ada dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Prabu Kresna, misalnya. Semasa muda, ia bernama Narayana. Kresna kemudian menjadi raja di Dwarawati dan menjadi pelindung juga penasihat keluarga Pandawa.

Ia punya senjata sakti bernama cakra dan bunga wijayakusuma yang berkhasiat. Ia merupakan lambang raja yang arif bijaksana, penasihat perang, dan pengamat politik.

Punakawan
Lalu ada mbahnya arek-arek, yang muncul di kisah pewayangan Jawa. Ia adalah Semar.

Semar disebut-sebut sebagai dewa yang turun ke bumi, ia menjaga keturunan Pandawa. Ia memberikan nasihat juga menghibur. Semar merupakan lambang orang yang bijaksana, rendah hati, meski ia sebenarnya sakti.

Tentang Raden Gatotkaca, aku selalu menganggap ia adalah sosok pahlawan yang rela berkorban. Ia juga disebut Raden Purabaya dan Jabang Tutuka karena sangat kuat.  Kelemahannya hanya senjata kunta milik Adipati Karna.

Gatotkaca merupakan lambang kegagahan dan kesaktian. Ia merupakan benteng negara Amarta yang selalu bersiap-siap di angkasa.

Yang terakhir adalah gunungan. Di wayang kulit biasanya beberapa kali dimunculkan gunungan. Ia juga disebut kayon yang merupakan perlambangan dunia dan isinya.

Gunungan
Oh iya karakter wayang ada banyak. Ada Arjuna Sasrabahu, Subali, Kumbakarna, Kartamarma dan masih banyak lagi. Mungkin suatu ketika akan kubahas.

~ oleh dewipuspasari pada Maret 26, 2022.

22 Tanggapan to “Wayang Mungil”

  1. Lucu ya ada yang mininya juga. Bisa dijadiin alat edukasi buat anak-anak, supaya kenal sama tokoh-tokoh wayang. Biasanya lihat dari internet aja atau baca buku.

  2. Nggak paham perwayangan aku kak, pun ya satu dua tokoh tahu juga aku. Karena ibu ku kalau cerita seru banget di kampung kalau ada pagelaran wayang, ampe ada yg nginap…pulangnya pagi, karena takut kalau udah malam ha ha ha

  3. saluuutt kak! kamu menyisipkan pesan-pesan dan nilai kultur nusantara buat memperingati hari film nasional yaa

  4. wah seru yaa, bisa jadi souvenir nih yaa wayang mungilnya, otentik dan unik banget buat dikasih ke temen or keluarga

  5. Sekarang sudah tidak ada pagelaran wayang di televisi ya Mba. Padahal lumayan menghibur juga ya pertunjukan wayang ini. Khususnya bagi pecinta seni

  6. wayang-wayang imut, bagus diperkenalkan untuk anak-anak. Karena bentuknya imut, dan bisa di bawah kemana-mana. Budaya Indonesia emang keren!

  7. Bahkan bangsa asing pun sangat mengagumi budaya Nusantara salah satunya wayang dan aku sering liat replika nya menjadi buah tangan utk para wisatawan
    Kisah Ramayana begitu melegenda di negeri ini..hmm jadi ga sabar menanti tayangnya film Gatot kaca

  8. Aku kurang paham soal wayang hehe walaupun keturunan suku Jawa dan mbahku suka nonton wayang tapi sebenarnya wayang itu kearifan lokal banget ya. Bangga jadi bagian dari Indonesia, hehe.

    • Wayang itu ceritanya komplex, apalagi Wayang Jawa. Rupanya karakter dan cerita Wayang itu tidak hitam putih, yang baru ku ketahui saat sudah dewasa.

  9. Kalau ke Kota Tua Jakara aku suka beli wayang mungil ini. Bagus saha lihatnya. Ada hiasan magnet buat kulkas, gantungan juga, dan buat pajangan.
    Kisah perwayangan ini memang menarik.

  10. Aku kalau ke Kota Tua Jakara suka beli wayang mungil ini, Mba. Suka aja lihatnya, bagus. Apalagi aku suka nonton wayang, walau sekarang sudah jarang banget, deh.

  11. Saya juga lagi tunggu2 nih Gatot Kaca tayang. Ada superhero lokal yang bisa dinikmati semua generasi, semoga segera tayang di bioskop 🙂

  12. Saya juga lagi tunggu2 nih kapan Gatot Kaca tayang di bioskop. Ada superhero lokal bisa dinikmati semua generasi, mudah2an segera tayang di bioskop 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: