Hujan dan Renda

Renda

Pada era digital ini rasanya pikiran mudah terdistraksi. Aku yang dulu kutu buku harus benar-benar menyiapkan waktu dan menyingkirkan distraksi agar bisa membaca buku. Nah, membaca buku saat cuaca hujan itu ternyata menyenangkan.

Aku membaca buku novelet berjudul Renda. Novelnya tipis hanya 75 halaman dengan biodata si penulis. Ceritanya seperti banyak berasal dari cerita kehidupan si penulis. Renda mungkin nama lain dari Giokniwati dengan cerita yang agak berbeda. Latar belakang dan pendidikan tokoh cerita sepertinya sama dengan penulisnya.

Apakah kita bisa menggunakan karakter kita sebagai tokoh cerita? Sebenarnya sah-sah saja. Toh bakal lebih mudah menulisnya karena kita kenal dengan karakter kita sendiri.

Kalau aku sendiri suka memasukkan kotaku sebagai latar. Ada kalanya aku juga menggunakan minatku dengan makanan dan seni sebagai salah satu karakter dalam cerita. Atau juga sesekali kutambahkan sosokku yang berlatar di dunia TI. Tapi lainnya aku imbuhkan banyak hal fiktif. Aku dan karakter-karakter ciptaanku adalah dua orang yang berbeda, hanya berbagi satu dua minat atau latar yang sama.

Cerita Renda ini sederhana. Tentang seorang perempuan yang mengalami hidup sengit selama di perantauan. Ia berkuliah sambil bekerja. Ia sudah tak punya orang tua, hanya punya semangat dan seorang pria bernama Bayu yang mendukungnya. Hingga kemudian mereka berpisah.

Ceritanya ringan. Kalian atau kawan-kawan kalian mungkin pernah mengalaminya. Kalian sangat dekat dengan seseorang dan entah kenapa kemudian berpisah karena waktu dan jarak.

Aku suka dengan karakter Bayu yang santai namun perhatian. Namun aku kurang suka dengan karakter Renda di sini. Menurutku ia agak egois dan kehidupannya nampaknya hanya berpusat dengan ambisinya. Aku tak paham alasan Bayu menyukainya. Mungkin karena kasihan atau suka dengan semangatnya dalam meraih ambisinya.

Aku cepat menuntaskan novelet ini.. Sekitar satu jam sudah selesai. Sementara di luar sana masih hujan. Ehm terpikir untuk membuat novel juga, sudah lama aku tak membuatnya. Tapi tentang apa ya? Apa bikin novelet saja ya? 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 26, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: