Kue Kering Tanpa Mixer Bikin Kangen

Kue kering jadulKakak dari ibuku alias bude (alm) itu pandai memasak dan membuat kue. Kami suka sekali menyantap rawon dan daging bumbu Bali buatannya. Namun yang tak kalah sedap adalah kue keringnya. Kue keringnya punya rasa dan tekstur yang khas karena tidak menggunakan mixer.

Kue kering Bude bahannya seperti pada umumnya. Bahannya terdiri dari terigu, telur, mentega, dan gula. Ada kalanya ia tambahan vanili dan bubuk cokelat. Nah yang bikin kue keringnya itu khas karena kue keringnya dibuat tanpa melewati proses telurnya dikocok dengan mixer.

Entah karena tanpa ada proses dengan mixer maka kue keringnya memiliki tekstur tidak begitu renyah. Teksturnya terkesan tebal. Tapi inilah yang bikin rasanya unik dan ngangenin. Kue kering jadul, sebutan lainnya.

Dulu Bude suka banget membuat kue kering bentuk mawar dengan bagian tengah diisi selai nanas atau stroberi ia juga membuat kue bersisian vanila dan cokelat. Ada juga kue kering yang ditaburi dengan misis cokelat. Semuanya enak-enak.

Nah lebaran tahun ini ibu memesan kue ke istri paman. Ia juga menggunakan resep jadul untuk membuat kue keringnya. Hasilnya, aku seperti merasai kue kering bude. Ada dua kue kering yang kucicipi, rasa orisinil dalam bentuk bunga dan rasa kacang.

Memang sih rasa dan penampilannya tidak sewah kue kering modern. Tak apa-apa aku hanya ingin bernostalgia dengan kue kering jadul.

~ oleh dewipuspasari pada April 26, 2024.

Tinggalkan komentar