“Dreams” Lagu Terbaik The Cranberries?

Cranberries

Apakah Kalian pernah mendengarkan lagu Dreams milik band Irlandia, The Cranberries? Jika ya, apakah Kalian setuju jika lagu dalam album berjudul Everybody Else is Doing It, So Why Can’t We? ini merupakan lagu terbaik milik Dolores O’Riordan cs?

Lagu-lagu The Cranberries banyak di antaranya yang bagus. Saya sendiri mengenal band ini sekitar tahun 1994 ketika mereka menelurkan single Zombie dan Ode to My Family. Album No Need to Argue yang memuat lagu tersebut memang memiliki sejumlah lagu hits seperti I Can’t be With You, Twenty One, Daffodil Lament yang muram, Dreaming my Dreams yang lembut, dan Disappointment yang dulu sering banget saya putar. Memang lagu terbaik di album ini tetap Zombie dan Ode to My Family.

Zombie memiliki intro yang khas dan membuat pendengar mudah ingat dengan lagu ini. Nuansa lagunya muram dan sedih tentang peperangan. Sedangkan Ode to My Family memiliki nuansa yang sendu tentang kerinduan dan penghargaan kepada keluarga, khususnya orang tua. Oleh karena populernya kedua lagu tersebut, album tersebut laris manis.

Baru setelah mengenal album ini, saya mengenal Dreams dan Linger dari album perdananya. Pada waktu itu Dreams memang sangat laris menjadi tembang soundtrack baik dalam film layar lebar maupun serial televisi. Tercatat dua film besar, Mission Impossible-nya Tom Cruise dan You’ve Got Mail-nya Tom Hanks yang menggunakan tembang ini.

Lagu Dreams bisa dibilang lagu yang mudah diterima oleh telinga (easy listening). Liriknya sederhana, intronya menarik perhatian dan komposisi musiknya indah. Sampai saat ini bisa dibilang Dreams lagi The Cranberries yang masih suka saya perdengarkan. Bahkan pada saat konser The Cranberries di Jakarta beberapa tahun lalu saya menunggu-nunggu tembang ini dinyanyikan.

220px-to_the_faithful_departed_album_cover

Lagunya bertemakan percintaan. Tentang seseorang yang akhirnya membuka hatinya untuk bisa mencintai dan berharap orang yang disayanginya tidak akan melukai perasaannya.

And now I tell you openly, you have my heart so don’t hurt me.
You’re what I couldn’t find.
A totally amazing mind, so understanding and so kind;
You’re everything to me.

Satu lagi yang membuat lagu ini menarik adalah backing vokalnya yang bersenandung di bagian akhir ala yodel seperti kaum Indian. Bagian backing vokal ini dilakukan oleh Mike Mahoney.

Pada album ketiga, To The Faithful Departed, lagu-lagunya lebih berwarna dan lebih variatif. Ada nuansa rock, folk dan pop mellow. Nuansa rock disumbang Salvation, yang energik ada I’m Free to Decide, yang melankolis berupa lagu When You’re Gone dan Joe, serta lagu tentang perang berupa Bosnia. Di album ini yang paling saya suka adalah lagu I’m Free to Decide dan Joe yang menggunakan alat musik etnik.

images-1

Pada album berikutnya, Bury The Hatchet, saya masih mengikuti dan membeli albumnya. Bisa dibilang saya dulu ngefans dengan band satu ini. Saya suka gaya bermusik juga suara Dolores yang khas. Melodius.

Lagu-lagu dalam album keempat ini bisa dibilang ringan. Yang paling memorable adalah lagu Animal Instict yang berkisah tentang kekerasan dalam rumah tangga dan terhadap anak. Lagu ini nomor dua yang saya sukai dari The Cranberries. Lagunya sedih dan menyayat hati.

Suddenly something has happened to me
As I was having my cup of tea
Suddenly I was feeling depressed
I was utterly and totally stressed
Do you know you made me cry
Do you know you made me die

And the thing that gets to me
Is you’ll never really see
And the thing that freaks me out
Is I’ll always be in doubt
It is a lovely thing that we have
It is a lovely thing that we
It is a lovely thing, the animal
The animal instinct

Lagu lainnya yang bagus dalam album ini adalah Promises dan Just My Imagination. Lumayanlah, meski tidak bisa dibilang bagus banget.

Album kelima, Wake Up and Smell The Coffee memiliki dua lagu hits, yakni Analyze dan Time is Ticking Out. Dua lagu ini memiliki nuansa yang mirip.

Setelah itu The Cranberries vakum sekitar 10 tahun karena band mereka terancam bubar. Pada tahun 2012 baru mereka rilis album berjudul Rose. Mungkin karena terlalu lama jarak perilisan albumnya atau karena lagu-lagunya kurang nendang maka saya kurang familiar lagu-lagu dalam album ini.

Ya dari mendengarkan lagu-lagu Cranberries bertahun-tahun, berikut lagu Cranberries terbaik menurut saya:
1. Dreams
2. Animal Instinct
3. Ode to My Family
4. Zombie
5. I’m Free to Decide
6. Linger
7. Daffodil Lament
8. Time is Ticking Out
9. Joe
10. Bosnia

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 4, 2016.

4 Tanggapan to ““Dreams” Lagu Terbaik The Cranberries?”

  1. paling suka legend “zombie”

  2. saya paling suka dg lagu animal instinct biarpun nggak sepopuler zombie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: