Cerita Dinosaurus Mania

 buku dinosaurus

Awalnya saya hanya mengagumi ukuran makhluk ini yang luar biasa. Bagaimana mereka mampu menguasai bumi hingga sekian juta tahun dan kemudian musnah tak tersisa. Ketika difilmkan menjadi Jurassic Park, saya kagum dengan kecerdasan hewan ini dan ngeri oleh kebuasannya. Dan 15 tahun kemudian saya baru sadar punya beberapa koleksi buku tentang dinosaurus, dari Lost World milik Sir Conan Arthur Doyle hingga kisah persahabatan manusia dan dinosaurus di Dinotopia. Wah rupanya saya diam-diam penggemar dinosaurus.
Jurassic Park adalah film pertama yang menggugah ketertarikan saya akan film bergenre dinosaurus. Film karya Stephen Spielberg ini memang luar biasa pada masa itu. Dinosaurusnya nampak alami. Di sini sejumlah varian dinosaurus seperti T-Rex (Tyrannosaurus), velociraptor, saurupod, triceratops, dan branchiosaurus diperkenalkan. Lalu pada sekuel berikutnya, muncul dinosaurus yang mirip burung yaitu Pterodactyl. Rasanya teror yang diakibatkan para dinosaurus terhadap manusia di jaman modern itu lebih hebat daripada pasukan teroris. Dan mereka rupanya cerdik, tidak hanya berbadan besar.

Film seri televisi tentang dinosaurus lainnya yang menarik adalah Lost World yang ditayangkan sekitar akhir tahun 1990-an, meski lama kelamaan ceritanya agak membosankan. Film ini menggunakan basis kisah Sir Arthur Conan Doyle yang juga mengarang Sherlock Holmes. Settingnya lebih kuno daripada setting kisah Jurrasic Park, yaitu pada masa Inggris masih menjadi negara paling berkuasa di dunia. Seorang bangsawan yang juga petualang Roxton dan seorang wartawan Malone bergabung dengan rombongan ekspedisi lainnya yang dipimpin Profesor Challenger menuju suatu pulau di Amerika Selatan yang rupanya memiliki makhluk purba. Banyak rombongan yang tewas baik oleh makhluk tersebut maupun oleh masyarakat penghuni hutan yang rupanya kanibal. Rombongan yang selamat menceritakan petualangan mereka namun publik sulit mempercayainya.

Nah, setelah menonton dua film tersebut saya baru mengoleksi dua buku dinosaurus, masing-masing Jurassic Park karya Michael Crichton dan Lost World karya Sir Arthur Conan Doyle. Dua-duanya menarik. Milik Crichton lebih rumit dibandingkan di film dan sangat kompleks. Buku Crichton ini memiliki sekuel dengan tokoh utama Ian Malcolm yang pada buku pertama dikisahkan telah tewas. Ia dipaksa menyelidiki sebuah pulau dimana dipercaya penghuninya adalah sisa-sisa makhluk di Jurassic Park yang telah bermigrasi.

koleksi dinosaurus

Ok kedua buku tersebut menarik. Namun, menurut saya buku yang paling fantastis untuk kisah dinosaurus adalah milik James Gurney. Buku seri Dinotopia ini sejak buku pertama telah menghipnotis saya. Saya mendapatkannya secara kebetulan di sebuah pameran buku yang dijual Rp 100 ribu. Saya kagum dengan ilustrasinya yang sangat indah. Baru kemudian mengagumi kisahnya yang tidak biasa. Hingga saat ini saya telah memiliki tiga seri buku ini, yang kedua buku lainnya saya beli secara online. Rupanya bukunya sangat mahal menurut ukuran saya. Buku kedua bertajuk “The World Beneath” dan buku ketiga berjudul “Journey to Chandara”.
world beneath-cover
Jika di Jurrasic Park dan Lost World memperlihatkan dinosaurus di darat dan udara, di Dinotopia makhluk purbanya hampir komplit, ada buaya purba, mammoth, sabertooth, dan hewan-hewan purba di laut. Sangar. Dan uniknya, sebagian besar dinosaurus kecuali T-Rex dan Allosaurus, bersahabat dengan manusia. Mereka bahkan tidak segan-segan bertindak sebagai nanny pengasuh bayi atau membantu berjualan di pasar..hahaha lucu ya.

chandara-cover

Selain koleksi-koleksi tersebut, saya juga punya buku bergambar tentang kamus dinosaurus. Isi buku bercover tebal ini tentang keluarga dinosaurus yang terbagi dua, yaitu jenis burung dan jenis kadal, termasuk persebarannya. Komplit. Saya baru tahu jika ada dinosaurus bernama ovisaurus dan maiasaurus seperti nama suami dan keponakan saya hehehe. Saya masih mengincar seri Dinotopia lainnya. Versi serial televisinya menurut saya kurang bagus dan kisahnya dipaksakan, meski saya hanya melihat cuplikannya.

Berikut resensi saya tentang Dinotopia dan dunia dinosaurus:
1. Buku Pertama: Dinotopia
Jika Anda sudah terbiasa dengan kisah-kisah keganasan Dinosaurus tentu sukar menerima kisah yang digagas oleh James Gurvev, sebuah kisah tentang kebersamaan para dinosaurus dan kaum manusia. Dalam cerita ini dikisahkan manusia dan dinosaurus hidup damai dan sederajat. Kehidupan unik ini ditemukan Arthur Dennison dan putranya, Will, yang diselamatkan sekawanan lumba-lumba ke sebuah pulau yang tidak terjamah oleh manusia modern. Petualangan Arthur inilah yang kemudian menjadi serial kisah Dinotopia yang membuat saya terus berdecak kagum. Bukan hanya kisahnya yang memukau namun juga keindahan ilustrasinya yang dibuat sendiri oleh James Gurvev. Resensi selengkapnya bisa dibaca di http://www.bookoopedia.com/us/book/id-1606600222/dinotopia-a-land-apart-from-time-20th-anniversary-edition-calla-editions-hardcover.html (Klik resensi pembaca)

2. Buku ketiga: Journey to Chandara
Di dunia Dinotopia, pemerintah kota Sauropolis sudah lama tidak berhubungan dengan pemerintah wilayah Chandara. Hubungan mereka terputus karena rumor dan wilayah mereka yang berjauhan. Arthur Denison, ilmuwan yang terdampar dan kemudian menetap di Sauropolis, merasa penasaran dengan kota tua tersebut. Untunglah akhirnya ia berhasil mendapatkan undangan untuk mengunjungi kota tersebut. Naasnya ketika Arthur bersiap melakukan kunjungannya bersama Bix, translatornya yang seorang dinosaurus, surat undangan itu dicuri oleh salah satu warga Sauropolis.

3. Dunia yang Hilang (The Lost World)-Michael Crichton
Ian Malcolm yang lolos dari serangan maut di Jurrasic Park enam tahun kemudian bersama-sama dengan Richard Levine menuju pulau Isla Sorna, pulau yang berdekatan dengan pulau Isla Nubar yang menjadi tempat berdirinya Jurrasic Park. Sayangnya ketika meninggalkan pulau, Ian Malcolm tertinggal sehingga Levine kembali ke pulau bersama tim penyelamat. Seperti dugaan, pulau ini telah dihuni oleh dinosaurus yang telah dewasa dan berbahaya. Akankah mereka bisa kembali hidup-hidup dari pulau maut tersebut? Resensi lebih detail bisa dibaca di resensi pembaca di http://www.bookoopedia.com/id/book/id-7969/dunia-yang-hilang-the-lost-world.html

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 15, 2013.

4 Tanggapan to “Cerita Dinosaurus Mania”

  1. Beli buku Dinotopianya dimana kak?

  2. ilustrasi yang terakhir bagus Pus….

    • Bagus-bagus Dan ilustrasinya..sebenarnya mau kumuat banyak ilustrasinya cuma takut dimarahi pengarangnya hehehe. Dia melukis sendiri tiap ilustrasinya dan detil banget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: