I Love You Phillip Morris: Kisah Hidup Steven & Philip yang Ajaib

ILYM-dua sejoli

Awalnya saya mengira film ini adalah film komedi khas Jim Carrey yang beken dengan Detektif Ace Ventura dan The Mask. Prediksi saya salah total. Ini adalah film drama satir yang mengisahkan riwayat hidup Steven Jay Russel yang terkenal akan kelihaiannya mengecoh banyak pihak, termasuk para sipir, hakim, dokter, hingga perusahaan ternama. Lantas siapakah Phillip Moris? Ia adalah pria yang dicintai si Steve hingga ia nekat melakukan berbagai tindakan yang ajaib.

Penonton diajak berkenalan dengan si Steve (Jim Carrey) yang nampak menunggu detik-detik kematiannya di rumah sakit. Selama di pembaringan itu, ia teringat akan masa kecilnya yang damai hingga suatu saat kedua orang tuanya menyampaikan suatu rahasia. Rupanya ia adalah anak angkat, dimana Ibu kandungnya mau menyerahkan ke keluarga barunya dengan segepok uang.

ILYM-keluarga angkat

Kisah kemudian beranjak ke dua dekade berikutnya dimana Steve digambarkan telah berkeluarga dan memiliki anak perempuan yang cantik. Hidupnya nampak sempurna dimana Steve mendapat pekerjaan sebagai polisi.

Cerita mulai berkelok ketika Steve akhirnya menemukan alamat ibu kandungnya. Bukannya disambut hangat, Steve diusir oleh ibunya dan membuat Steve sangat gusar. Ia pun kemudian pindah kota dan bekerja di perusahaan. Saat itulah ia mulai membuka jati dirinya.

ILYM-tabrak

Steve ternyata seorang gay. Ia menyembunyikan kenyataan ini bertahun-tahun. Dan ketika nyawanya hampir melayang karena tertabrak mobil, maka ia pun berjanji tidak akan lagi berbohong. Ia bercerai dan hidup dengan kekasihnya yang berjenis kelamin sama. Dan menjadi gay memerlukan dana yang besar. Mulailah Steve melakukan tipuan demi tipuannya. Mampukah Steve berkelit dari hukum?

Sejak tabir yang menyelubungi hidup Steve terbuka, saya mulai merasa kurang nyaman menontonnya. Ya, saya kurang nyaman dengan tema-tema hubungan sesama jenis. Tapi film ini berhasil membuat saya tetap penasaran dengan kisah Steve. Dan juga bertanya-tanya siapa Philip Morris karena hingga 30 menit pertama belum ada tanda-tanda kehadiran Philip.

Philip Morris adalah tahanan yang ia temui di perpustakaan di lembaga permasyarakatan. Ya, akhirnya si tukang tipu Steve berhasil dicokok polisi ketika melakukan tipuan dengan menggunakan berbagai kartu kredit dan klaim asuransi palsu. Steve dan Philip saling jatuh cinta dan mereka saling berkirim surat karena blok sel mereka yang berbeda. Hingga suatu hari Steve dinyatakan bebas dan mereka terpisah.

Saya terheran-heran akan keajaiban yang dimiliki oleh Steve. Bagaimana bisa ia memperdaya sekian banyak orang, bahkan membodohi para petugas keadilan, pejabat eksekutif di perusahaan ternama, bahkan dokter-dokter di rumah sakit. Apalagi ini cerita nyata. Wow.

ILYM-penipu

Dari segi akting, komedian Jim Carrey berhasil tampil prima sebagai sosok yang menyebalkan. Begitu juga Ewan McGregor yang tampil sebagai Philip Morris yang lembut dan pemalu. Sangat berbeda dengan karakter yang biasa dimainkannya, saya sampai hampir percaya si Ewan benar-benar gay. Satu lagi, music score-nya yang dikomandoi oleh Nick Urata cukup menggelitik.

Sebuah kisah romansa dibumbui oleh tindakan-tindakan ajaib pelakunya.

 

Detail Film:
Judul Film            : I Love You Phillip Moris
Pemain                 : Jim Carrey, Ewan McGregor, Rodrigo Santoro, Antoni Corone, dan Leslie Mann
Sutradara            : Glenn Ficarra dan John Requa<
Naskah                 : dari Novel I Love You Phillip Morris: A True Story of Life, Love, and Prison Breaks karya Steve McVicker
Rating                   : 7/10

~ oleh dewipuspasari pada November 22, 2014.

4 Tanggapan to “I Love You Phillip Morris: Kisah Hidup Steven & Philip yang Ajaib”

  1. wah ada ewan mcgreggor juga? agak susah mbayangin carey ekting serius kalau selama ini teringat sama ace ventura.
    tapi kalo dari jalan ceritanya kayaknya menarik Pus…

    • Akting Carey dan Ewan sama-sama bagus. Cuma ya itu mereka jadi pasangan gay yang sama-sama perasa, Ewan jadi perempuannya. Jalan ceritanya aneh tapi ternyata kisah nyata, dimana Carey bisa-bisanya menipu banyak orang…pura-pura sakit dan mati lalu jadi pengacara..jadi manajer..dan semuanya percaya hahahaha.

  2. oooh, temanya tentang gay to Pus? Gak ngeh malah. Huehehehe..

    • Hahaha iya Dan..di 1/3 film baru ketahuan kalau ternyata si Steven itu gay/ Cuma ajaibnya film ini konon berdasarkan cerita nyata, dimana Steven berhasil menipu banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: