Istri-istri Presiden Pertama RI

istri sukarno

Presiden pertama RI memang terkenal akan ketampanan dan keflamboyannya. Meski istri yang terekam di sejarah adalah Ibu Fatmawati yang menjahit bendera pusaka, ada beberapa nama istri Sukarno yang sudah menjadi rahasia umum.

Dalam buku bertajuk Istri-istri Sukarno, ada sembilan wanita cantik yang pernah mendampingi sang proklamator ini. Para wanita cantik tersebut adalah Siti Utari yang menjadi istri pertama Sukarno. Setelah itu ada nama Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Naoko Nemoto alias Ratna Sari Dewi, Haryatie, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar.

Ada gadis indo bernama Rika Meelhusyen dan Pauline Gobee yang pernah ditaksirnya saat remaja. Ada pula nama artis Hollywood yang terkenal, Marilyn Monroe yang juga disebut-sebut. Namun hubungan tersebut hanyalah berupa kekaguman dari masing-masing pihak, bukan hubungan romansa.

Bapak bangsa Indonesia ini lahir pada tahun 1901 dari pasangan Ida Ayu Nyoman Rai dan R. Soekemi Sosrodihardjo. Setelah lulus ELS, ia melanjutkan sekolah di HBS Surabaya. Di sana ia mondok di rumah Tjokroaminoto, pemimpin Sarekat Islam. Di sanalah ia berjumpa dengan Utari puteri Tjokro yang pendiam. Mereka pun menikah.

Saat Sukarno melanjutkan pendidikan di ITB ia malah lekat dengan pemilik kosnya Inggit, seorang janda yang usianya 15 tahun di atasnya. Ia pun menceraikan Utari dan lebih memilih bersama Inggit. Akan tetapi nasib Inggit tak jauh berbeda dengan Utari. Sukarno melirik gadis lainnya dan seterusnya hingga akhir hayatnya.

Buku Istri-istri Sukarno ini menarik karena disusun seperti biografi. Di sini terdapat dialog-dialog antara Sukarno dan Utari ataupun Sukarno dengan pihak-pihak lain yang jarang diketahui publik.

Kehidupan asmara presiden pertama RI ini memang menarik dan terkadang dieksploitasi untuk menunjukkan keterbatasannya. Sumbangan Sukarno terhadap bangsa Indonesia memang sangat besar, namun sebagai wanita saya merasa trenyuh terhadap istri-istri Sukarno yang diceraikan demi wanita lainnya.

Utari masih beruntung karena ada pria yang selalu menunggu dan menerimanya dengan tulus. Namun sungguh malang nasib Inggit yang setia menemaninya di saat situasi paling menyedihkan, begitu pula dengan first lady pertama, Fatmawati, yang memilih menyingkir daripada hatinya terkoyak-koyak.

Detail Buku:
Judul : Istri-istri Sukarno
Penulis: Reni Nuryanti dkk
Penerbit : Ombak, 2007
Rating : 7,8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 22, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: