Buku-buku Anak Negeri yang Bikin Kasak-Kusuk

Cover Gelombang

Buku-buku anak negeri sebenarnya tak kalah dalam hal membuat si pembaca penasaran hingga kasak-kusuk sendiri. Buku Ayu Utami bertajuk Lalita, misalnya. Membuat saya penasaran akan makna mandala dan juga misteri Borobudur. Selain Lalita buku anak negeri apa saja yang bikin kasak-kusuk?

Ada poin-poin menarik yang disuguhkan dalam Serial Bilangan Fu milik Ayu Utami. Memang buku Bilangan Fu ini agak bernuansa mistis, spiritual, dan juga unsur budayanya. Salah satu sekuel Bilangan Fu yang memiliki pemeran utama Parang Jati, Yuda, dan Marja ini adalah Lalita.

Dalam Lalita ada misteri mandala dan Borobudur dimana menggambarkan kosmologi semesta. Juga kisah lain dari Dracula.

Pada masa Hindu Buddha di nusantara di setiap daerah memiliki mandala untuk tempat menimba ilmu. Tapi mandala atau pusat bisa bersifat mikro dan makro, dimana mandala juga dimiliki tiap-tiap orang.

Borobudur sendiri memiliki misteri sendiri dimana memiliki tingkatan tertinggi berupa arupadhatu atau pencapaian tertinggi manusia dimana sudah mencapai nirwana. Tapi kalau diminta menjelaskan apa hubungan mandala, kosmologi, medan energi,dan Borobudur saya sendiri juga masih kesulitan menjawabnya.

Gara-gara Lalita saya jadi penasaran akan Borobudur dan sengaja ke sana hanya untuk merasakan dan membayangkan seperti apakah arupadhatu. Saat ke Malang saya juga menuju candi Sumberawan, satu-satunya candi di Jawa Timur yang berbentuk stupa yang mirip dengan yang ada di Borobudur. Candi Sumberawan juga memiliki makna sama yakni pencapaian tertinggi dimana manusia sudah bisa melepas hawa nafsu dan merasakan kedamaian.

Buku anak negeri berikutnya yang membuat bertanya-tanya adalah karya E.S Ito berjudul Rahasia Meede dan Negara Kelima. Ada rahasia harta karun VOC dan misteri kerajaan Atlantis di nusantara. Dimanakah itu?

Kedua kisah tersebut bersetting di bangunan bersejarah Jakarta seperti Museum Fatahillah, Monas, jembatan di Bendungan Hilir, juga pulau-pulau di Teluk Jakarta seperti Onrust, Kelor, dan Kahyangan/Cipir. Sedangkan buku berikutnya salah satunya mengupas Selat Sunda dan Krakatau.

Saya sampai membaca ulang sejarah pergerakan nasional, sejarah Batavia, dan tempat-tempat yang diduga Atlantis tersebut.

Seluruh bangunan bersejarah di Jakarta hampir semuanya saya jelajahi dan saya rasakan seperti apa situasi masa itu. Di pulau Teluk Jakarta termasuk pulau Bidasari saya bayangkan suasana asrama haji, galangan kapal, dan rumah sakit lepra juga TBC masa itu.

Saat menyebrangi Selat Sunda atau menuju Krakatau saya bayangkan seperti apa Atlantis jika benar-benar ada di Indonesia. Bisa jadi sih karena dulu Sumatra dan Jawa bersatu dan lautnya jenis perairan dangkal.

Meskipun Negara Kelima dan Rahasia Meede jelas karya fiksi, tapi menarik. Ada banyak peminat sejarah yang lahir dari buku tersebut. Dulu sampai ada trip napak tilas Rahasia Meede hehehe.

Buku berikutnya yang juga mengusik rasa ingin tahu adalah Supernova terutama buku keempat dan kelima yang mengulas magic mushroom, inner planet, dimensi kelima, asco, rahasia alam mimpi, dan juga kosmologi kepercayaan Batak.

Tentang jamur untuk spiritual saya ulik-ulik memiliki daya halusinasi tingkat tinggi. Di Bali ada warung yang menyediakan jus jamur ini yang sayangnya malah digunakan untuk obat terlarang.

Tentang inner planet dimana tidak harus ke luar angkasa sepertinya agak mirip dengan kisah Contact-nya Jody Foster atau mungkin ada kaitannya dengan dimensi kelima dimana waktu dan ruang sudah bukan batasan lagi.

Terus terang konsep dimensi kelima ini agak sulit dipahami. Ada buku anak-anak Wrinkle Time yang mengulas dimensi kelima dengan bahasa anak-anak, tapi masih ragu seperti apa dimensi kelima dan siapa penghuninya.

Buku-buku di atas memang fiksi tapi asyik dan menarik rasa penasaran akan pengetahuan sejarah, budaya, mistis yang jarang tergali.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 10, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: