Gizi Buruk di Jakarta

Malnutrisi

Ada balita gizi buruk di Jakarta? Astaga!!! Di ibukota bisa ada penderita gizi buruk rasanya muskil, tapi ternyata ada di kawasan yang masih masuk kelurahan tempat tinggalku.

Kabar mengejutkan ini disampaikan Ibu Ketua RW pada saat pertemuan bulanan. Bayi penderita gizi buruk ini ada di RW yang masih masuk kelurahan kami.

Selidik-selidik balita ini merupakan anak dari penghuni kontrakan yang merupakan pendatang atau bukan warga Jakarta. Oleh karena bukan pemilik KTP Jakarta maka tidak terdata oleh kelurahan, meskipun idealnya tetangga kanan-kiri juga tahu kondisi anak tetangganya yang memprihatinkan.

Rupanya kasus gizi buruk di Indoneska belum tuntas. Baru saja ada kasus penderita gizi buruk di Nias yang meninggal. Ini berarti Indonesia belum bebas gizi buruk. Ini patut dipertanyakan, apakah daya beli masyarakat begitu buruk sehingga tak mampu menyediakan nutrisi bergizi seperti susu bagi balita, sayuran, dan lauk pauk yang kaya protein. Apakah pola asuh yang buruk? Dan apakah kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya semakin rendah? Apakah ada Posyandu di tempat tersebut?

Saya masih ingat kasus gizi buruk di Surabaya pada tahun 2006. Kemiskinan dan pola asuh yang buruk menjadi penyebab gizi buruk pada balita. Si anak sudah berusia beberapa tahun tapi pertumbuhannya lambat dan sangat kurus seperti tinggal tulang dan kulit yang membungkus. Membuat yang melihatnya akan merasa pilu.

Saat ini harga protein seperti telur, ikan laut dan daging cukup melambung. Telur menjadi Rp 23.500 dari harga normal Rp 15 ribu sekilo. Daging juga masih sekitar Rp 120-140 ribu/kg belum juga di bawah seratus ribu. Buah-buahan juga terasa mahal dan kurang terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah yang daya belinya semakin menurun sejak kenaikan BBM silam.

Kapan harga-harga sembako ini terjangkau oleb masyarakat menengah ke bawah. Jangan sampai ada lagi kasus penderita gizi buruk atau malnutrisi karena kekurangan gizi dan tak mampu membelinya.

Kredit gambar dari: http://www.globaltimes.cn

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 25, 2016.

2 Tanggapan to “Gizi Buruk di Jakarta”

  1. Miris….

    http://lombokceplus.blogspot.co.id/2014/10/cara-efektif-membersihkan-kerak-yang.html?m=1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: