Colorful: Anime Remaja yang Kompleks

Colorful

Adakalanya seseorang mendapat kesempatan kedua untuk kembali ke dunia. Namun apakah mereka yang mendapat kesempatan tersebut malah gembira atau kecewa atas hal tersebut. Seperti yang dialami sebuah ruh yang mendapat tiket kembali ke dunia dengan menghuni badan remaja berusia 14 tahun.

Ruh tersebut tidak tahu-menahu tentang siapa Makoto, badan yang dihuninya, dan siapa saja keluarganya. Ia bahkan tidak tahu seperti apakah Makoto sebenarnya dan penyebab ia bunuh diri.

Ada banyak tanda tanya tentang Makoto Kobayashi. Seorang spirit bernama Purapura membantunya mencari tahu karakter pemilik badan sebelumnya dan alasan ia meminum obat tidur hingga overdosis. Ruh tersebut terkejut dan kemudian sikapnya kepada keluarga dan kawan-kawannya pun berubah. Termasuk kepada Hiroka, teman satu sekolahnya, yang ia sukai.

Sikapnya kepada ibunya sangat kasar. Ia juga acuh kepada kawan-kawannya. Nilainya semakin buruk sehingga guru dan keluarganya tidak yakin ia bakal bisa melanjutkan ke sekolah negeri.

Makoto pandai melukis

Cerita Colorful bagi saya cukup berat untuk anime remaja. Ada banyak problema yang dialami Makoto. Di sekelilingnya ada kekerasan fisik atau bully yang dilakukan oleh kawan-kawannya, ada pula perselingkuhan, juga prostitusi remaja. Wah kalau saya mendapat masalah seperti Makoto mungkin saya juga bakal stress.

Prostitusi remaja

Cerita Makoto membumi dan sesuai dengan kondisi di Jepang dan juga masyarakat saat ini. Prostitusi rupanya juga bisa terjadi di kalangan remaja dan motivasinya hanya sepele, untuk membeli barang-barang mewah yang tak terbeli dengan uang saku.

Saya juga menyukai bagian tentang sejarah transportasi umum di Jepang yang memuat foto-foto dokumentasi transportasi masa itu. Rute dan bekas haltenya masih ada hingga saat ini.

Cerita anime ini memang agak berat dan kompleks tapi menarik untuk diikuti. Pergolakan hati Makoto dan perubahan karakternya khas anak remaja dan natural. Penyelesaiannya pun dibuat realistis.

Detail Film:
Judul : Colorful
Sutradara : Keiichi Hara
Genre : Anime, drama remaja
Rating : 7/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 13, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: