Zootopia Gambaran Harmonisnya Aneka Satwa

Poster zootopia

Dunia fauna memang terbagi atas predator dan mangsa. Tapi bagaimana jika batas itu musnah dan aneka satwa hidup berdampingan. Nampak utopis? bisa jadi, karena kisah ini hanya ada di Zootopia.

Dalam animasi produksi Walt Disney ini digambarkan bagaimana para satwa bisa hidup harmonis dan memiliki beragam profesi. Namun masih ada kecenderungan dan stereotipe yang melekat di kalangan para satwa, seperti bangsa kelinci yang terbiasa hidup sebagai petani.

Alhasil ketika Judy Hopps bercita-cita menjadi polisi, keluarganya malah was-was dan membujuk anaknya untuk puas sebagai petani wortel. Akan tetapi Judy tak patah arang dan berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai polisi.

Hari pertamanya sebagai polisi di Zootopia tidak berjalan mulus. Atasan dan rekan kerjanya menyepelekannya dan ia hanya ditugaskan untuk memberikan denda parkir. Kegiatan ini baginya sangat membosankan, hingga kemudian kesempatan itu datang berupa pencarian salah satu satwa yang hilang, seekor hewan pengerat bernama Otterton.

Atasannya, Bogo, hanya memberikan waktu 48 jam. Tak dinyana akhirnya Judy memerlukan bantuan dari satwa yang dulu merupakan musuh bebuyutan kaumnya, rubah bernama Nick Wilde. Hemmm…apakah keduanya mampu bekerja sama?

Nick dan judy

Saya mengira kisah Zootopia ini warna warni ceria seperti dunia anak-anak. Tapi ternyata ceritanya lebih rumit daripada yang saya perkirakan. Ada sebuah konspirasi dimana bisa mengacaukan tatanan dunia Zootopia. Ada twist di dalamnya yang menyegarkan untuk ukuran film animasi.

Grafisnya juga menawan. Saya suka penggambaran suasana kota Zootopia dengan penduduknya yang beragam. Karakter para tokohnya juga khas dimana salah satu tokoh bernama Fast membuat saya tertawa geli.

Fast

Tentang Zootopia mungkin karena saya mengoleksi Dinotopia maka saya tidak terlalu takjub akan penggambaran harmonisnya kehidupan para pemangsa dan hewan yang diburu, serta bagaimana mereka memiliki beragam profesi. Hal ini sudah tersaji lengkap di serial Dinotopia dengan plot cerita yang lebih kompleks dan grafis yang ciamik. Bedanya, Dinotopia menyajikan unsur manusia dengan nuansa yang gelap dan misterius sedangkan Zootopia tentang satwa dan lebih ceria sehingga cocok untuk anak-anak.

Sayangnya adaptasi Dinotopia dalam bentuk serial televisi live action kurang bagus. Mudah-mudahan suatu saat Dinotopia bisa dibuat versi animasinya sekeren Zootopia.

Detail Film:
Judul : Zootopia
Sutradara : Byron Howard dan Rich Moore
Pengisi Suara : Giniffer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba, J.K Simmons, Shakira
Genre : Animasi, petualangan, komedi
Rating : 8,3/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 16, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: