Jakarta Makin Macet?

Jakarta macet

Sejak kebijakan 3 in 1 dihapus rasanya Jakarta sepanjang Slipi hingga Pancoran berlipat-lipat macetnya. Seluruh kendaraan membanjiri kawasan tersebut membuatku lelah dan tertidur.

Wah sudah lama aku tidak tertidur di kendaraan. Terakhir dulu jaman bekerja di Sunter dimana setiap pulang kerja berjibaku dampak macet sepanjang Kuningan hingga Mampang.

Kemarin sekitar tiga jam perjalanan dari Slipi ke Kampung Rambutan. Padahal saya naik bus patas Mayasari 02 yang biasanya melaju dengan cepat. Tapi ternyata kali ini mereka tak berkutik. Saya yang kelelahan pun tertidur. Tapi bangun-bangun pun masih juga di tempat-tempat itu, tak banyak bergerak.

Benarkah penghapusan kebijakan 3 in 1 menjadi pintu pembuka jalan berbayar? Dan benarkah 1 Mei kendaraan roda dua dilarang melewati Sudirman dan Senayan?

Semoga sebelum membuat putusan kebijakan, angkutan umum diperbanyak dan layanannya ditingkatkan. Selama ini saya sudah merasakan betapa lelah dan membosankannya menunggu bus TransJakarta. Itupun berdesak-desak, berdiri, dan jalurnya diserobot. Saya pernah mengalami hampir lima jam sepanjang Pasar Rebo menuju Slipi. Seperti mimpi buruk dan seolah tak ada penghargaan kepada waktu individu.

Warga Jakarta saya yakin sebagian besar pekerja keras dan tak manja. Apabila sarana transportasi umum nyaman dan tidak mahal, saya yakin akan semakin banyak yang berpindah ke layanan umum. Tapi jika kondisinya dipaksakan seperti sekarang, kasihan mereka yang sudah rela dan setia menggunakan kendaraan umum. Jalanan makin mampat dan mereka hanya pasrah.

Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 26, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: