Romansa Berlatar Kebesaran Pinisi Segera Tayang

1 cinta di bira

Jika mendengar kapal pinisi yang terbayang adalah suku Bugis yang gagah berani menjelajah lautan. Kapal pinisi merupakan kapal layar yang terkenal akan keelokan dan ketangguhannya mengarungi lautan. Salah satu tempat penghasil pinisi yang terkenal adalah Tanjung Bira. Dan kiranya langkah MNC Pictures untuk mengenalkan pinisi ke generasi muda patut diapresiasi dengan membuat romansa berlatar Tanjung Bira.

Film 1 Cinta di Bira mengisahkan pencarian jati diri seorang pemuda asal Bira, Sulawesi Selatan bernama Iqbal (Fauzan Nasrul). Sudah enam tahun ia merantau ke Jakarta. Ia kembali kekampung halamannya ketika ayahnya dikabarkan telah meninggal dan ia diminta meneruskan usaha kapal pinisi yang merupakan usaha turun-temurun.

Di tengah kegelisahannya ia tercebur ke laut dan hampir tenggelam. Namun nyawanya terselamatkan berkat gadis rupawan bernama Devi (Diny Arishandy) yang kemudian ia sebut sebagai penjaga lautan.

Oleh karena tak menguasai usaha kapal ia berniat menjual usaha warisan ayahnya dan kembali ke Jakarta bersama Devi. Namun dua kakak beradik, Olla (Cinta Rarung) dan Enre (Erik Suwanto) membujuk agar ia membatalkan niatnya. Keduanya bercerita tentang kerja keras ayahnya membangun usaha kapal, rahasia di balik pinisi yang konon ilmunya hanya dikuasai secara turun-temurun oleh beberapa daerah di Sulawesi Selatan termasuk Bira, juga keindahan panorama Bira. Iqbal pun ragu.

Melihat trailer-nya yang dirilis 3 Mei, Kalian akan disuguhi keindahan panorama Tanjung Bira dengan pantainya yang cantik dan sudut-sudut lain dari Bira yang tak kalah menawan. Namun bukan berarti hanya keindahan panorama Bira saja yang diangkat, melainkan juga kearifan lokal dan juga ikon Sulawesi Selatan, yakni kapal pinisi yang kondang hingga mancanegara. Kapal pinisi telah melaut sebelum abad ke-15. Pada 1986 kapal Phinisi Nusantara juga merapat ke Canada dan San Diego Amerika Serikat sehingga ketangguhannya mengarungi samudera telah teruji.

Setelah sukses dengan Surat Cinta untuk Kartini, MNC Pictures memang ingin membuat film-film nasional dengan mengangkat tokoh terkenal suatu daerah ataupun kekayaan budaya daerah tersebut. Dengan demikian, generasi muda dan masyarakat luas dapat lebih mengenal warisan budaya leluhur dan lebih mengenal daerah lain di Indonesia selain tempat tinggalnya. Oleh karenanya para pemain dalam film layar lebar ini juga didominasi talent asli Sulawesi Selatan untuk lebih menguatkan nuansa daerah yang menjadi setting film

Film yang disutradarai oleh Arnanda Wyanto ini akan ditayangkan 26 Mei. Awalnya film ini tayang ekslusif di Sulawesi dan Kalimantan. Akan tetapi melihat animo masyarakat setelah trailer ini dirilis, maka 1 Cinta di Bira juga bakal tayang di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

1 cinta di bira

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 23, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: