The Secret World of Arriety: Kisah Para Borrower

Arriety

Pernahkah Kalian melihat gula dalam toples Kalian berkurang atau tisu dan jarum tiba-tiba menghilang? Wah bisa jadi barang-barang Kalian diambil oleh kaum borrower. Tenang, mereka tidak jahat kok. Bahkan keeksisan mereka semakin terdesak oleh manusia yang semakin mengikis ruang gerak mereka. Siapakah Arriety dengan kaum borrower-nya?

Arriety adalah sosok makhluk seperti manusia tapi berukuran mini. Tubuhnya mungkin hanya setelapak tangan. Mereka hidup normal seperti manusia di sela-sela rumah atau saluran air bak tikus. Untuk memenuhi hidupnya kadang mereka mengambil barang milik manusia seperti gula, benang, dan tisu.

Arriety remaja perempuan yang gesit dan suka menyelidik. Meskipun sering diperingatkan orang tuanya agar tak bermain di halaman agar tak diketahui manusia, ia tetap nekat dan suka mengumpulkan dedaunan yang indah untuk hiasan tempat tinggalnya.

Arriety

Suatu ketika saat bermain di luar ada seekor kucing yang mengetahui kehadirannya. Dan ternyata ada manusia di sana. Arriety was-was remaja pria itu melihat sosoknya.

Arriety dan niya

Suatu ketika Arriety dan ayahnya berburu gula. Remaja pria itu rupanya mengetahui dirinya membuat orang tuanya panik dan mereka pun memutuskan berbenah mencari tempat tinggal baru.

Kenapa si remaja pria bernama Sho itu bisa tahu ya?!

Film ini seperti kisah-kisah Ghibli lainnya merupakan kisah fantasi yang bercampur dengan dunia manusia seolah tak terbatas. Kisah borrower sebenarnya bukan hal baru karena di buku dongeng lainnya juga pernah dibahas dengan julukan berbeda. Biasanya mereka memberikan imbalan atas barang yang mereka ambil karena mereka sebenarnya tak jahat.

Dalam film ini ada rahasia mengapa si remaja pria yang ternyata sedang sakit dan diungsikan ke desa rumah neneknya itu tahu ada makhluk lain di rumah masa kecil ibunya ini. Ia juga ingin berteman dengan Arriety.

Pada anime ini juga ada sosok kucing tambun mirip dengan Muta dan Moon dengan nama Niya. Dia seperti Muta memiliki hubungan dengan makhluk dan gerbang fantasi. Dialah yang menemukan Arriety kali pertama dan kemudian membantunya. Diduga sosok Niya di sini sama dengan Muta di The Cat Returns dan Moon di Whisper of The Heart yang juga produksi studio Ghibli. Di sini juga ada gagak yang juga musuh Muta di The Cat Returns. Ya sepertinya dua hewan ini identik dengan sosok di The Cat Returns, yaitu hewan yang memiliki peran kunci di dunia fantasi.

Sho, niya dan arriety

Dari segi grafis sudah tak perlu diragukan lagi. Dari sudut pandang Arriety manusia adalah raksasa dan tikus itu hewan ganas seperti harimau sehingga ia berbekal jarum dimana ibarat pedang di tangan Arriety.

Untuk keseluruhan filmnya dari segi grafis, cerita, karakter, dan musik saya memberikan skor 8/10. Indah dan ajaib.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 23, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: