Peluang Lebih Terbuka dengan Top Level Domain Dotnet/Dotcom

Blog

Bagiku ulasan sebuah film merupakan salah satu metode belajar membuat sebuah karya fiksi. Ada bagian yang dipuji, juga ada bagian yang dikritisi. Oleh karenanya aku gemar membaca sebuah blog tentang ulasan film. Blog tersebut saat ini telah menggunakan top level domain dotcom dan kulihat halamannya memiliki banyak sponsor. Penulisnya kini rajin berseliweran di premiere film dan ajang bergengsi perfilman nasional.

Ya, menulis di blog pribadi kini bukan sekedar hobi, ada banyak peluang yang bisa diraih sebagai blogger. Apalagi jika blog tersebut digarap dengan baik dan terkesan profesional. Salah satunya dengan berinventasi dengan menyewa top level domain berakhiran dotcom atau dotnet.

Yang kuingat saat awal-awal menulis di blog hanya sekedar sebagai diary. Bukan diary berisi curhatan, melainkan catatan tentang sebuah peristiwa, tempat, atau tentang apa saja yang terlintas di benak. Awal-awal aku menulis di notes yang terdapat di media sosial masa itu yaitu friendster. Baru kemudian aku menulis di blog pribadi yang masih memuat nama platform content management system gratisan yang kugunakan.

Ngeblog asyik

Sebenarnya tidak ada masalah saat alamat blogku masih panjang hingga dua tahun silam ketika keberadaan blogger semakin diperhatikan. Dulu-dulu ngeblog hanya sekedar hobi, pelepas keinginan menulis dan mengungkapkan opini, tapi kemudian aku melihat ada banyak peluang yang didapatkan dari seorang blogger.

Sejak dua tahun silam aku telah merasakan berbagai keseruan sebagai blogger, dari memenangkan sebuah kontes menulis dengan hadiah jutaan rupiah, mendapat undangan jalan-jalan gratis, berkunjung ke berbagai pabrik, mencobai ini dan itu secara cuma-cuma, dan menghadiri berbagai even yang menarik. Namun rupanya hal tersebut masih hanya sebagian kecil dari peluang yang bisa didapatkan seorang blogger. Masih banyak pintu rejeki yang bisa diketuk dan dibuka oleh seorang blogger.

Peluang sebagai blogger semakin terbuka lebar jika alamat blog yang dimilikinya menggunakan top level domain dotcom atau dotnet tanpa tambahan nama platform gratisan yang digunakan. Sudah setahun silam ku memikirkan hal tersebut, namun ada berbagai hal yang membuat ku ragu dan mempertimbangkan pilihan tersebut.

Peluang yang makin terbuka sebagai blogger menjadi salah satu sisi positif yang mendorongku untuk segera menyewa domain. Ada berbagai kegiatan yang penyelenggaranya mensyaratkan agar blog yang dimiliki telah top level domain (TLD) dotcom dan dotnet. Para perusahaan juga umumnya lebih melirik blogger yang telah memiliki alamat TLD dibandingkan yang masih memuat nama platform gratisan untuk diundang di acara mereka atau menuliskan ulasan produk mereka.

38606131-blog-writing-social-media-online-on-the-internet-computer

Namun ada juga yang memberatkanku dan membuatku ragu. Yang pertama dari sisi ranking website. Sejak tahun lalu rank alexa global blogku telah di bawah angka 1,5 juta, dimana biasanya juga menjadi syarat untuk mengikuti sebuah acara tertentu. Dan yang kedua, proses mengubah domain dengan platform yang kugunakan lebih ribet dibandingkan platform lainnya. Waktu itu aku telah membeli domain, namun ternyata harus mendaftar dan membayar lagi ke platform yang kugunakan dengan menggunakan kartu kredit.

Setelah mempertimbangkan plus minusnya, aku pun kemudian mantap beralih ke top level domain. Aku meminta ijin pasangan menggunakan kartu kreditnya untuk mengurus migrasi di level platform. Aku memilih ekstensi dotnet karena konten blogku lebih bersifat suka-suka seperti hiburan, buku, fiksi dan sebagainya dibandingkan yang bersifat komersial. Aku ingin mereka yang singgah ke blogku benar-benar datang secara sukarela. Syukur-syukur jika suka berdiskusi di topik tertentu, seperti musik dan animasi, dua tema yang kusukai.

Belum genap dua bulan migrasi blogku, tapi aku melihat dan merasakan ada perubahan. Keunggulan menggunakan top level domain dotnet ini telah kucicipi meski baru sebagian kecil. Dari sisi ranking alexa global memang belum menunjukkan hasil. Tapi setidaknya sudah masuk di kisaran angka 6 jutaan. Siapa tahu dalam waktu empat bulan lagi sudah kembali di angka 1,5 jutaan atau malah lebih rendah.

Rank alexa

Perubahan yang mencolok itu adalah rasa percaya diriku. Jika dulu aku agak segan menuliskan atau menyebutkan alamat blogku, kini aku semakin percaya diri.

Dari sisi undangan atau peluang memang perubahannya masih belum terlalu signifikan. Namun ada peluang secara tidak langsung ketika aku semakin intens berkomunikasi dengan komunitas blogger dan komunitas lainnya belakangan ini. Aku mulai menjajagi kemungkinan untuk merambah profesi sebagai penulis buku dan skenario.

Nah jika Kalian ingin peluang sebagai blogger semakin terbuka, juga ingin memompa rasa percaya diri, sila mengganti alamat blog Kalian menjadi berekstensi dotnet ataupun dotcom. Oh ya Dotcomforme sedang mengadakan promo menarik bagi blogger yaitu potongan harga 50 rb untuk top domain level berakhiran dotcom dan dotnet juga promo sewa hosting 500MB dengan Rp 100 ribu. Dotcomforme is #dotcomforblogging

Promo

Ngeblog kini telah menjadi gaya hidup. Ngeblog juga bisa menjadi salah satu metode investasi berbisnis.

banner-1

Catatan: tiga gambar di atas diambil dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 21, 2016.

6 Tanggapan to “Peluang Lebih Terbuka dengan Top Level Domain Dotnet/Dotcom”

  1. semangat mba… kayakna dalam 4 bulan lagi udah di bawah 1 juta atau lebih ramping deh…:D

  2. Permisiiii…juri mampir ya

  3. iya nih.. jd pengen dot id utk monetize, mayan jga kalo gendut rankingnya 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: