Musik Jadi Mood Booster Saat Ngeblog

listen

Musik seperti gemerincing lonceng natal berbunyi sayup-sayup kemudian intro yang indah mengalun, disusul suara merdu nan halus milik Jonan Bjere. Aku terhanyut mendengar lagu She Came Home for a Christmas tersebut, dan kemudian menonton video klipnya. Tak lama kemudian sebuah inspirasi menulis kisah tentang Gadis Pengkhayal dan Pangeran Beruang pun hadir

Aku suka mendengar musik dan menonton film. Akan tetapi jika disuruh memilih mana yang paling kusuka, maka adalah yang pertama. Mendengarkan musik bisa kapan saja dan mungkin Kalian sudah tahu jika musik bisa mempengaruhi dan memperbaiki suasana hati.

Aku jarang memilih musik, biasanya musik itu yang memilihku. Saat aku lagi merasa nelangsa aku tidak harus mendengarkan lagu-lagu suram, demikian sebaliknya. Bahkan dalam suasana hati yang paling baik, aku bisa mendengarkan lagu yang begitu menyayat-nyayat dan kemudian terpikirkan untuk menuliskan sesuatu tentang lagu tersebut atau membuat cerita pendek berdasarkan nuansa yang kupetik dari lagu itu.

Akan tetapi memang ada lagu-lagu khusus yang seolah diciptakan untuk memperbaiki atau menjaga agar suasana hati tetap baik dan bersemangat. Aku menyebut lagu-lagu tersebut “mood booster“. Lagu-lagu revisi suasana hati di antaranya adalah Power-nya Helloween, Rock Show milik Blink 182, Breathe dari Sixpence None The Reacher dan Humans Being milik Van Halen.quote

Jika sedang tidak mood menulis atau tiba-tiba terasa buntu, aku tinggal mendengarkan lagu-lagu tersebut. Dan seperti obat yang mujarab, suasana hatiku kembali ceria dan bersemangat.

Saat ngeblog selain keinginan dan semangat untuk menulis, yang paling kuperlukan adalah imajinasi. Tanpa imajinasi dan bayangan apa yang ingin kutulis, maka artikelku bakal kering dan Kalian akan mengetahuinya, mana artikel yang kutulis sepenuh hati dan mana yang asal jadi.

Sebelum menulis, kubiarkan pikiranku berkelana menyelami imajinasi dan kemudian kuaktifkan panca inderaku. Jika aku ingin menulis sebuah ulasan lagu maka akan kuperdengarkan lagu itu berulang kali dan kusimak liriknya baik-baik untuk mengetahui maknanya juga mengetahui nuansa alias ambience yang tercipta dari lagu tersebut. Apabila menulis makanan, maka kubiarkan otakku mengakses ingatanku akan makanan tersebut, dari rasa, tekstur, penampilan, dan kesan tubuhku setelah menyantap makanan tersebut. Sambil menulis, kusimak baik-baik foto makanan tersebut. Jika makanan tersebut masih ada, maka kucoba rasakan sekali lagi. Yang terjadi kemudian kegiatan menulis tidak bisa dipaksakan cepat jadi. Seperti menghasilkan karya seni maka aktivitas menulis juga perlu dinikmati.

Mengeblog juga seperti membuat karya seni

Mengeblog juga seperti membuat karya seni

Ada banyak layar yang kubuka dalam notebook. Layar notepad, aplikasi mengetik, berbagai folder tempat menyimpan file, aplikasi pengolah foto dan gambar, juga pastinya aplikasi musik dan video. Terkadang aku juga perlu mendengarkan rekaman suara dari sebuah acara. Dan kadang-kadang aku juga suka membuka aplikasi games jika perlu rehat dan variasi. Games yang suka kumainkan adalah Spider Solitaire dan Heart sampai sang suami bingung apa yang menarik dari games tersebut. Oleh karena banyaknya aplikasi yang kubuka dalam satu waktu, notebook tuaku kinerjanya menjadi lambat, kadang-kadang mengolah fotonya pun menjadi lamban. Kalau sudah sampai ‘hang’, wah bisa rusak semangat. Gara-gara notebook-ku kinerjanya sudah tidak seprima awal membelinya, aku jadi enggan mengolah video hingga mengunggahnya. Padahal, video sekarang sudah menjadi salah satu konten yang diminati.

Waktu mendengar ASUS mengeluarkan produk notebook terbaru seri ASUSPRO P2430U aku tertarik dan penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut. Aku baca baik-baik spesifikasinya untuk mengetahui kinerjanya dan kemampuan multitasking-nya. Ibarat wanita, notebook ataupun laptop sat ini memang dituntut untuk mampu bekerja multitasking.

Ternyata ASUSPRO Nootebook seri P2430U memang cocok bagi blogger perempuan baik yang menjadikan blogger sebagai hobi maupun yang merupakan blogger fulltime, yang mobilitasnya tinggi dan multitasking. Dengan prosesor Intel Core generasi keenam yaitu Intel® Core™ i3 6100U processor, Intel® Core™ i5 6200U processor, dan Intel® Core™ i7 6500U processor maka blogger akan banyak dimudahkan, apa sajakah itu?

p2430_black_-14

Kemudahan pertama tentu dari sisi pekerjaan dimana prosesor Intel Core generasi keenam yang bekerja sama dengan 16GB RAM ini akan membantu peningkatan performa hingga 2,5 kali lipat dari notebook pada umumnya. Menariknya, peningkatan performa ini tidak berbanding lurus dengan pemakaian energi, hemat baterai dimana bisa bertahan hampir sepanjang hari, sehingga bisa disebut prosesor ini mendukung eco friendly gadget.

Dengan peningkatan performa maka tentunya juga meningkatkan produktivitas. Mau mengedit gambar bisa lebih cepat, buka beberapa aplikasi juga tidak masalah, bahkan sangat mendukung untuk proses edit dan konversi video sehingga ASUSPRO P2430U mumpuni untuk mereka yang produktif, kreatif, dan multitasking.

Kemudahan berikutnya dari prosesor Intel Core generasi keenam ini adalah saat bekerja dengan grafis. Blogger tentunya tak asing dengan masalah grafis baik dalam kaitan mengolah gambar maupun saat mengolah video agar tampil lebih ciamik. ASUSPRO P2430U ini juga dilengkapi dengan grafis Nvidia GeForce seri 900 sehingga tampilannya lebih vivid, lebih hidup dan detail saat menonton video maupun bermain games. Saat menonton tayangan secara streaming pun tidak masalah karena frame rate yang tinggi.

gamers-playing-lcb-jpg-rendition-intel-web-416-234

Oleh karena blogger juga sering mengetik dan menatap layar gadget maka layar pada notebook ASUS ini juga dilengkapi dengan sudut pandang lebar, serta adanya pengaman agar mata tetap nyaman dan mencegah refleksi yang tidak diinginkan berupa layar anti silau (anti-glare) juga matte screen surface. Layarnya juga telah dilapisi anti gores.

Oh ya sistem operasi bawaan dari ASUSPROMO P2430U adalah Windows 10. Tahu sendiri kan keunggulan dari sistem operasi Windows 10 dimana sangat mendukung multitasking dan memberikan pengalaman lebih. Sehingga bekerja jadi lebih praktis, cepat, dan menyenangkan.

Saat ini blogger juga tak betah berpisah dengan laptopnya. Saya jika bepergian jauh juga tak bisa lepas dari notebook sehingga saya menyukai notebook yang tipis tapi kuat. Kalau bisa modelnya juga stylish. Perempuan gitu lho, kan ingin semuanya tampil trendi. Nah, notebook ini juga ringan dan tipis dengan ukuran 23,3-26,3 mm dan tentunya juga trendi plus elegan sehingga tak perlu segan mengetik di kedai kopi bergengsi. Desainnya juga ergonomis dengan adanya keyboard presisi dan area telapak tangan untuk beristirahat (palm rest area).

anti-glare

Notebook ini dilengkapi dengan tiga port USB 3.0 dan satu port USB 2.0. Port 3.0 memiliki kemampuan transfer data 10 kali lebih cepat sehingga jika berbagi data dengan kawan dengan ukuran file yang besar tidak menunggu terlalu lama. Kan juga tidak enak, teman menunggui sementara kita sedang ingin fokus menyelesaikan pekerjaan.

Kapasitas memori utamanya juga besar yakni 4 GB dimana masih bisa ditambah. Oh ya ASUSPRO P2430U memiliki sistem keamanan lengkap dari sistem BIOS, user password protection, finger print reader, hingga pengunci USB sehingga data dari gadget tidak bisa diambil tanpa ijin.

Wah dengan notebook seperti ini aku bisa mengetik dengan mendengarkan musik, mengolah foto menonton video dan memilih-milih gambar tanpa was-was laptop bakal hang dan merusak suasana hati. Aku juga nantinya bisa belajar lebih serius mengedit video dan mengkonversinya sehingga konten di blogku makin lengkap.

disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

logo_asus_isoi_intel-300x99

Gambar dari: 1|2|3|4|5|6|7

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 29, 2016.

11 Tanggapan to “Musik Jadi Mood Booster Saat Ngeblog”

  1. Harga notebook-nya berapa mbak? Kok tidak disebutkan? Takut yang baca pada shock ya? hehe

  2. memang paling asik itu dengerin musik klassik klo saya sama ngeblog

  3. aku setuju banget sama pendapat Mbak yang ini: ngeblog itu seperti membuat karya seni. Bener deh, blogger jaman sekarang dituntut harus bisa lebih kreatif membuat konten blognya ya…

  4. Aku juga pakai ASUS, punya X302LA dengan RAM 4GB Core i3 dan aku dapat dari menang lomba blog, kinerjanya banter, cocok banget buat ngeblog

  5. halo kak dewi puspasari

    salam kenal …

    untuk pertama kalinya berkunjung..

    iya setuju. blogger saat ini membutuhkan laptop yang tipis dan bertahan lama untuk aktivitas kita sebagai blogger.

    apa dayanya jika blogger nulis dengn laptop yg sering masuk rumah sakit PC?

    kan malah tambh jengkel ngeblognya.

    salam dari karanganyar
    Mukhofas

    bila berkenan silahkan mampir di tempat saya

  6. […] Musik Jadi Mood Booster Saat Ngeblog […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: