Diburu Oleh Prasangka dalam The Hunt

The Hunt

Bagaimana jika dirimu tiba-tiba diberondong prasangka keji yang semuanya tidak benar? Sekelilingmu kemudian membencimu dan ingin menyingkirkanmu. Inilah yang dialami seorang guru TK bernama Lucas dalam film Jagten (The Hunt).

Rupanya desas-desus tidak memandang siapapun penyebarnya? Bisa jadi penyebarnya orang terdekatmu, tua ataupun muda.

Alkisah Lucas bersahabat dengan Theo, termasuk dengan istri dan anaknya. Anak bungsunya, Klara, masih duduk di TK dan suka minta diantar pulang olehnya.

Gadis kecil itu kurang mendapat perhatian dari kedua orang tuanya. Sedangkan kakak laki-lakinya suka berkata kurang senonoh kepadanya, sehingga ia lebih merasa senang bersama-sama Lucas dan anjingnya.

Hingga suatu ketika ia menyerahkan bingkisan berbentuk hati kepada Lucas dan menciumnya. Guru itu terkejut dan menyarankan untuk memberikan hadiah itu ke orang tuanya, sedangkan ciuman itu lebih pantas dilakukan nanti saat ia dewasa ke orang yang dikasihinya. Gadis kecil itu sangat marah dan jadi begitu membencinya.

Melihat sikap berbeda dari gadis kecil itu si kepala sekolah bertanya-tanya. Lalu gadis kecil itu berkata ia membenci Lucas. Kepala sekolah melihat si gadis menggambar sesuatu yang vulgar dan menduga-duga. Si gadis kecil memperburuk keadaan dengan menuduh Lucas mengucapkan kata dan berbuat tak senonoh kepadanya. Si kepala sekolah berkesimpulan Lucas berbuat tidak baik ke si gadis kecil itu, dan menduga ia pedofilia.

Klara oleh annika wedderkopp

Desas-desus itu menyebar, dari gadis kecil, ke kepala sekolah, ke orang tua siswa hingga ke masyarakat. Mereka berbisik-bisik ketika Lucas lewat membuat Lucas bertanya-tanya letak kesalahannya.

Tetangga kanan kirinya dan warga di desa kemudian mengucilkannya. Mereka melemparinya, bahkan ia dilarang berbelanja di sebuah toko langganannya. Hingga suatu saat hukuman masyarakat itu begitu berlebihan, ia pun berontak membela dirinya.

Melihat film ini saya merasa trenyuh melihat penderitaan si guru yang tak bersalah dan difitnah oleh gadis kecil. Hanya putranya, Marcus, dan ayah baptis putranya, Bruun, yang mempercayainya, lainnya lebih percaya ke si gadis karena menganggap si gadis kecil tak akan berbohong.

Si Mads Mikkelsen yang biasanya berperan sebagai antagonis di James Bond dan Hannibal Lecter menjadi sosok guru tertuduh di sini. Kondisinya begitu mengenaskan. Yang hebat adalah akting si gadis kecil yang bisa membuat penonton merasa muak kepadanya karena memfitnah demikian keji. Klara diperankan Annika Wedderkopp.

The Hunt

Melihat alur cerita film ini saya jadi teringat novel berjudul Salem Falls yang berkisah tentang guru yang dituduh berbuat hal yang etis ke murid perempuannya. Si guru bernama Jack memang dikaruniai wajah tampan tapi ia pria yang lurus. Saat itu ia asyik menonton kuis favoritnya dan tidak melakukan hal yang dituduhkan muridnya. Oleh karena orang tua si murid ngotot membawa kasus ke meja hijau, akhirnya si guru didesak untuk mengaku dan dakwaannya akan dicabut. Si guru yang lelah dengan tuduhan itu pun berkompromi, eh ternyata ia tetap dipenjara. Selama berbulan-bulan ia berada di sel meski tak bersalah. Saat di sel ia banyak menghadapi perlakuan tidak pantas oleh sesama penghuni yang kuat.

Malangnya saat ia bebas dan kemudian bekerja di rumah makan, ia kembali dituduh berbuat hal tak senonoh pada seorang putri jutawan di sebuah kota. Ia pun berontak membela diri. Tapi tak ada yang mempercayainya gara-gara ia pernah dipenjara.

Pasca menonton film ini dan membaca novel Salem Falls karya Jodi Picoult saya merasa trenyuh pada para korban fitnah. Fitnah demikian keji, apalagi jika dilontarkan oleh orang terdekat. Dan banyak yang lebih mudah percaya akan hal-hal buruk daripada hal-hal baik.

Salah satu film Mads Mikkelsen yang apik dan memiliki pesan kuat.Film ini dinominasikan di Golden Globe dan film berbahasa asing di ajang Oscar tahun 2013 dan Mads meraih aktor terbaik di ajang Cannes 2012.

“Seorang kawan sejati akan terlihat pada saat dirimu dilanda masalah berat”

Detail Film:
Judul : Jagten (The Hunt)
Sutradara : Thomas Vinterberg
Pemeran : Mads Mikkelsen, Alexandra Rapaport, Thomas Bo Larsen, Annika Wedderkopp
Genre : drama, psikologis
Gambar dari 1 | 2
Rating : 8/10,

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 21, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: