Ketika Cahaya Bulan Menerangi dalam Moonlight

Ia memanggilku ‘Blue’ karena ketika kulitku disorot cahaya bulan maka tidak lagi terlihat gelap, malah terlihat biru. Juan bercerita kisah masa lalunya pada Chiron yang masih anak-anak. Rupanya kata-kata Juan itu mengendap dalam benaknya.

Film Moonlight yang dinobatkan sebagai film terbaik di ajang Academy Awards ini berkutat pada kehidupan Chiron dari kecil hingga ia dewasa. Rupanya pengaruh lingkungan dan tekanan bisa mempengaruhi seseorang menentukan jalan hidupnya.

Chiron sejak kecil hingga remaja tak lepas dari ejekan dan hinaan. Hingga suatu saat ia berlari dari kejaran anak-anak di sebuah rumah di lingkungan pengedar narkoba. Di tempat ia bertemu Juan yang menyebut dirinya Blue. Juan mengajaknya ke rumah kekasihnya, Teresa. Bersama Teresa, Chiron baru mau memberitahukan nama dan alamat rumahnya.

Chiron seperti menemukan sosok ‘bapak’ pada Juan. Apalagi ibunya pemarah dan kemudian menjadi pecandu narkoba. Ketika ia tahu ibunya membeli narkoba ke Juan, ia merasa kesal.

Chiron remaja juga tak lepas dari bully. Hanya ada Kevin yang baik kepadanya. Tapi suatu saat ada yang menjebak Kevin untuk melakukan hal buruk kepadanya. Chiron pun lepas kendali.

Hemmm sebenarnya saya kurang tertarik untuk menonton film ini, tapi rupanya tidak seburuk yang saya sangka. Film ini rupanya meruntut pada kekerasan atau perlakuan buruk yang diterima mereka yang berorientasi berbeda.

Chiron seorang gay. Ibunya tahu dan teman-temannya juga menebaknya. Itulah sebabnya ia menjadi sasaran olok-olokan. Chiron sendiri berupaya untuk menutupinya, tapi kemudian ia tahu tak bisa mengubahnya.

Film-film bertema gay atau LGBT lainnya sebenarnya banyak, hanya saat ini menjadi sorotan. Film Brad Pitt tentang spionase bersama Marion tahun lalu juga memiliki karakter lesbian, tapi tidak ada yang mempermasalahkannya. Film Jim Carey dan Beneditch Cumberbatch pun juga ada yang berkarakter gay. Bahkan serial Glee yang bertemakan remaja juga memiliki karakter utama gay. Hal tersebut memang riil saat ini, namun jika ada yang kontra terhadap hal tersebut, maka lebih baik orang tua memeriksa dulu tayangan tersebut sebelum mengajak si anak menonton film. Film Power Rangers yang baru tayang juga ada lho karakter lesbiannya. Malahan di Beauty & The Beast yang ramai disorot sebenarnya tidak begitu kelihatan. Di Indonesia sebenarnya hal tersebut juga banyak kan? Bahkan muncul di serial televisi seperti sinetron dan acara live.

Kekuatan dari Moonlight selain dari akting terutama pemeran Juan, Mahershala Ali, yang prima dan membuatnya meraih Oscar untuk aktor pendukung terbaik, juga dari alur ceritanya yang natural seperti melihat sesuatu yang dekat dengan kita dan rasa simpati kepada para katakternya. Saya jadi merasa peduli dengan Chiron, Juan, dan Teresa.

Juan dan Chiron saat kecil

Julukan nama ‘Blue’ dan ‘Black’ juga menjadi bagian dari kisah ini, seperti halnya transformasi Chiron ‘si Little’ menjadi ‘Black’ dimana tertuang dalam posternya.

Detail Film:
Judul : Moonlight
Sutradara : Barry Jenkins
Pemeran : Trevante Rhodes, Mahershala Ali, Naomie Harris, Janelle Monae, Andre Holland
Genre : Drama
Rating : 7,2/10
Gambar dari IMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 6, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: