Blind Date Cinema: Membantu Tunanetra Meraih Pengalaman Menonton

Ketika menonton film berjudul Jingga di situ diperlihatkan bagaimana kedua tokoh yang merupakan remaja tunanetra, Jingga dan Nila melakukan kencan di sebuah bioskop. Saya kontan tertarik, bagaimana caranya? Rupanya memang ada beberapa bioskop alternatif yang menyediakan fasilitas tersebut.

Ada yang menyebutnya Blind Date Cinema, bukan blind date kencan di restoran dengan pasangan yang tak dikenal itu lho hehehe. Ada juga yang menamakannya Bioskop Bisik. Meskipun namanya berbeda, metodenya sama, tetap memerlukan jasa sukarelawan dari mereka yang bisa melihat.

Menurut Nia, manajer Paviliun 28 yang sejak bulan Februari lalu kembali menggiatkan acara ini, kegiatan nonton bertemakan sosial ini mendapat respon positif dari masyarakat.

Ya, kalangan tunanetra tidak beruntung dari segi penglihatan sehingga mereka tidak dapat menikmati sinematografi dan mengetahui adegan dalam film, padahal mereka juga penasaran ingin menikmati sensasi menonton film. Tapi mereka dapat mendengar. Mereka tahu dialog film tapi ketika dialog itu tidak ada – ada kan film-film yang dialognya minim seperti The Red Turtle, Athirah atau a Copy of My Mind – maka mereka bakal kesusahan dan tidak tahu jalan ceritanya.

Untuk itulah diperlukan penjembatan yaitu para relawan untuk menerjemahkan hal visual menjadi sesuatu yang bersifat verbal. Tugas mereka adalah membisikan adegan, alur dan mendeskripsikan pemandangan ke para penonton tunanetra sehingga mereka dapat mengetahui film lebih utuh dan menyerap emosinya. Biasanya satu relawan membantu 1-2 penonton tunanetra.

Di Jakarta yang aktif mengadakan acara nonton+aksi sosial ini adalah Paviliun 28 yang berlokasi di jalan Petogokan 28, Jakarta Selatan dan Bioskop Bisik di Auditorium Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia. Di Paviliun 28 kegiatan ini sejak 2017 rutin dilakukan pada minggu kedua tiap bulannya.

Nah bagi Kalian yang suka menonton namun juga ingin terlibat dalam aksi sosial, Kalian bisa sesekali mendaftar jadi relawan dan berbagi cerita tentang alur dan adegan film bersama sahabat tunanetra. Bulan Mei nanti Blind Date Cinema akan dihelat 14 Mei. Yuk menonton sambil terlibat di aksi sosial:)

Gambar dari sini dan facebook Paviliun 28.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 12, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: