Perjuangan Meraih Keadilan Ala Michael Kohlhaas

Menuntut suatu kebenaran hingga mengorbankan banyak hal mungkin dirasa sebagian orang terlalu berlebihan. Jika di film modern ada aksi John Wick yang menuntut balas kepada anak gembong kriminal Rusia atas kematian anjing pemberian istrinya, di film berlatar abad pertengahan ada Michael Kohlhaas yang menginginkan keadilan bagi dirinya hingga membentuk pasukan.

Michael adalah peternak kuda yang cakap memelihara kuda dan menjualnya dengan harga tinggi. Ia pedagang yang dihormati oleh warga sekitarnya. Hingga suatu saat ia kesulitan mendapatkan ijin melintasi suatu kawasan dan diwajibkan memberikan jaminan dua kuda hitam terbaiknya oleh petugas bawahan bangsawan bernama Junker Tronka.

Saat ia kembali, ia mendapati perawat kudanya disiksa dan dua kuda hitamnya kurus penuh luka. Ia sangat marah dan memejahijaukan kasusnya, meminta si bangsawan mengembalikan kudanya seperti sediakala dan membayar biaya pengobatan si perawat kuda. Sayangnya pihak pengadilan takut kepada si bangsawan dan tidak melanjutkan tuntutan tersebut.

Michael kemudian berupaya meminta keadilan ke sang puteri Marguerite, penguasa lebih tinggi. Ia pun marah ketika tak kunjung mendapat keadilan. Sikapnya sempat ditentang istri dan putrinya. Ia memberikan pemahaman ke mereka jika ini bukan masalah harga kuda melainkan keadilan dan kebenaran.

Ketika sang istri meninggal karena luka-luka yang didapat dari suruhan si bangsawan, ia pun membabi buta dan kemudian membentuk pasukan yang terdiri atas pegawai dan warga yang loyal kepadanya.

Saya penasaran film ini karena pemerannya salah satu aktor favorit asal Skandinavia, Mads Mikkelsen. Dalam film ini ia menjadi ayah, pemimpin pejuang, dan seorang pedagang kuda. Ia seorang yang memiliki harga diri dan berjiwa kesatria. Ia tak ingin jika kekuasaan seorang bangsawan bisa menumpulkan sisi-sisi kemanusiaan dan keadilan.

Mads tampil apik di sini sebagai Michael Kohlhaas. Sinematografinya juga indah. Namun alur ceritanya kurang padat dan enak diselami, ada sesuatu yang hampa dan agak datar.

Film yang dirilis tahun 2014 ini berdasarkan novel terkenal berjudul Michael Kohlhaas karya Heinrich von Kleist pada tahun 1810 dimana mengisahkan sosok Hans Kohlhase yang hidup pada abad ke-16. Sosok Kohlhass sebelumnya pernah dibuat adaptasinya pada tahun 1969 dengan judul Man on Horseback juga Jack The Bull pada tahun 1999.

Michael Kohlhaas bisa dinikmati di IFI Wijaya dan IFI Thamrin pada bulan April ini dalam program Cine-macet. Film produksi Jerman-Prancis ini tayang 12 April dan akan ditayangkan lagi pada 19 April di IFI Wijaya dan 28 April di IFI Thamrin.

Detail Film:
Judul : Age of Uprising : The Legend of Michael Kohlhaas
Sutradara : Arnaud des Pallières
Pemeran : Mads Mikkelsen,
Delphine Chuillot, Bruno Ganz, Paul Bartel, Melusine Mayance, David Bennent, Roxane Duran.
Genre : Drama, laga
Rating : 7/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 16, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: