Pancasila, Masih Hafalkah dengan Isinya?

Pada hari ini, 72 tahun silam pendiri bangsa selesai membahas dasar negara yang disebut Pancasila. Kelima sila tersebut nampak sederhana namun memiliki peran besar karena merangkum hal-hal yang penting dalam bermasyarakat, bernegara dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Kalian masih hafal akan isinya?

Saat ini bangsa Indonesia diuji oleh banyak permasalahan. Yang meresahkan adalah pihak yang berupaya membenturkan SARA. Padahal perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan itu memang ada dan sesuatu yang sebenarnya wajar di belahan bumi manapun.

Indonesia itu satu walaupun berbeda-beda suku. Pasti ada alasan mengapa begitu banyak keragaman di Indonesia. Sesungguhnya hal tersebut adalah kekayaan banhda, begitu kaya khazanah budaya dan kearifan lokal yang dimiliki negeri ini.

Persatuan bangsa yang berada di sila ketiga merupakan sesuatu yang sangat penting dijaga. Jangan sampai terjadi perpecahan karena yang bakal susah adalah bangsa ini sendiri.

Setiap sila memiliki makna dan akan lebih jelas apabila butir-butirnya juga ditelaah. Sila kedua, misalnya, berbicara tentang kemanusiaan. Sudahkah kita belajar saling menghormati dan berlaku tenggang rasa?

Dulu aku masih ingat setiap siswa wajib menghafal UUD 1945 dan butir-butir Pancasila. Ya, sebenarnya tidak hanya dihafalkan, tapi juga diamalkan dalam kehidupan.

Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Hal yang tertera di dalamnya juga merupakan sebuah kebenaran umum.

Selamat merayakan hari lahir Pancasila.

Gambar dari gurupendidikan

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 1, 2017.

2 Tanggapan to “Pancasila, Masih Hafalkah dengan Isinya?”

  1. Pas mbuka ini lg nungguin istri upacara..hafal dong kak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: