Kumpul Bocah, Program Sinema Anak dari Kineforum

Hari anak-anak memang masih lama yaitu 23 Juli. Tapi tidak ada salahnya kan ngobrolin seputar anak dan pendidikan pada bulan Ramadhan. Nah, Kineforum punya acara ngabuburit seru diskusi dan nonton film bertemakan anak-anak, yaitu Kumpul Bocah. Seperti apakah program acaranya?

Acara ini diadakan dilatarbelakangi oleh berbagai kejadian di sekeliling yang dialami anak. Ada anak yang melaporkan gurunya melaporkan kekerasan, ada pro dan kontra kemudian senyap. Lantas saat ini ada anak-anak yang dengan mudahnya berbicara kasar dan menghujat membabi buta baik di ranah medsos maupun di dunia nyata.

Nah sepanjang 5-18 Juni ini Kineforum yang bertempat di Taman Ismail Marzuki mengundang masyarakat umum untuk menonton sembilan film pendek dan 13 film panjang bertema anak-anak. Juga ada diskusi dengan tema Krisis Generasi Kritis pada Sabtu, 10 Juni pukul 15.30.

Film anak-anak sendiri terbagi atas tiga kategori dengan nama permainan khas anak-anak, ada Congklak, Gasiran, dan Petak Umpet. Ada maksud tersendiri dalam penamaan tersebut. Oh ya tiket nonton tiap film Rp 20 ribu. Film diputar sejak pukul 13.00 dan rata-rata diputar dua kali dengan hari dan jam berbeda.

Petak Umpet menggambarkan cara berpikir anak-anak dalam upayanya mendapatkan sesuatu. Mungkin kita saat dewasa lupa bagaimana cara berpikir anak-anak. Dalam empat cerita ini kita bisa melihat cara berpikir khas bocah, yaitu film In Orange, Brandal-Brandal Ciliwung, dan Kompilasi Petak Umpet.

Film Kompilasi Petak Umpet merupakan lima film pendek, Lebah dan Nektar, Say Hello to Yellow, Kapur Ade, Onomastika, dan Sepatu Baru. Kumpulan film pendek Petak Umpet ini kebanyakan menang/nominasi penghargaan baik tingkat nasional maupun mancanegara. Filmnya diputar Rabu, 7 Juni pukul 15.30 dan Sabtu, 17 Juni pukul 13.00.

Kategori berikutnya adalah Galasin, bagaimana dunia anak dibenturkan dengan dunia nyata keras. Bagaimana mereka berstrategi dan menghadapinya? Film yang diputar adalah Going to School, Kompilasi Galasin, film animasi Mia dan Migoo, Talent Time, Untuk Rena dan Si Doel Anak Betawi. Di kategori ini ada sesi gratis yaitu film Going to School yang bisa ditonton hari ini (6/6) pukul 19.00 dan Minggu (18/6) pukul 15.30.

Kategori terakhir adalah Congklak. Maksudnya, bagaimana orang dewasa berjalan seiring dengan anak-anak. Apakah mereka menganggap anak-anak adalah manusia mini. Kalian bisa menyimaknya di Senyum di Pagi Bulan Desember, Yoan, Eltern, Rindu Kami Pada Mu, dan To Be and to Have (Être et avoir).

Sambil berdiskusi, Kalian bisa menambah wawasan akan tontonan berkualitas selama ngabuburit.

Gambar dari Kineforum

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 6, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: