Pasar Ramadhan dan Anies Baswedan

Meskipun judulnya mengusung nama Anies Baswedan, tenang ini bukan artikel politik hehehe. Ini tentang Pasar Ramadhan atau yang juga bisa disebut Bazaar dadakan yang diadakan saat bulan Ramadhan di lingkungan tempat tinggal. Kebetulan hari Minggu besok mantan menteri pendidikan ini akan hadir membuka acara Pasar Ramadhan di lingkungan perumahan kami, di kawasan Jakarta Timur.

Kalau Kalian rajin mantengin berita politik dan wilayah politik di DKI Jakarta mungkin bisa mengira-ngira mengapa Anies bersedia datang hanya sekedar membuka acara bursa pasar murah tersebut. Menurutku sih sah-sah saja dan bisa jadi kehadiran Beliau bakal menjadi magnet acara tersebut. Ya, kesuksesan acara Pasar Ramadhan ini tentunya diharapkan panitia.

Sejak saya tinggal di kawasan tersebut, sepertinya acara Pasar Ramadhan ini telah berlangsung empat kali. Biasanya diadakan 1-2 minggu jelang lebaran. Setiap tahun jumlah peserta bazaar ini meningkat. Para peminatnya juga bertambah, bukan hanya dari warga kompleks melainkan juga warga sekitar.

Barang yang dijual di Pasar Ramadhan ini terdiri atas beras, minyak, gula pasir, sirup dan kue-kue kaleng serta kue-kue lainnya. Ada juga stan khusus menjual daging sapi dengan harga terjangkau. Kemudian ada stan zakat dan donasi, lalu stan menjual pakaian dan mukena. Untuk harganya sih saya belum tahu persis, apalagi harga daging sapinya. Sehari-hari saja saya sangat jarang makan daging sapi sehingga tidak tahu perkembangan harganya.

Pasar Ramadhan ini selain digelar di kawasan tempat tinggal juga umumnya diadakan di perumahan, instansi pemerintahan juga perusahaan negara seperti BUMN. Menurutku hal ini lumayan membantu, terutama warga menengah ke bawah, pasalnya harga makanan saat bulan Ramadhan dan lebaran itu cenderung naik. Selain itu, saat puasa dan lebaran konsumsi masyarakat juga umumnya mengalami peningkatan.

Kalau Pasar Ramadhan yang kusuka itu apabila menjual makanan-makanan daerah untuk menu takjil dan menu berbuka. Biasanya di kawasan Benhil dan dekat pasar Cempaka Putih sejak lepas Ashar sudah ramai. Aneka ragam takjil seperti kolak, candil, bubur sumsum, kue-kue basah nampak begitu menggoda selera. Begitu juga dengan pepes dan beragam kuliner tradisional lainnya. Wah bisa lapar mata.

Itulah Pasar Ramadhan di tempat tinggalku. Bagaimana dengan Pasar Ramadhan di sekeliling Kalian dan apa favoritmu?

Gambar dari dreamstime

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 16, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: