Long Weekend Jelajah Pantai Malang Yuk

Aku membolak-balik kalender meja di depanku. Mulai bulan Maret mendatang ada tanggal merah. Asyiknya tanggal merah itu ada yang jatuh pada hari Jumat sehingga masuk long weekend. Kucatat tanggal liburan tersebut, kemudian terbesit ide untuk menikmati liburan tersebut ke kampung halamanku. Belum semua pantai di Malang telah kujelajahi. Yang sudah pernah pun rasanya ingin kusinggahi lagi. Pantai-pantai indah apa saja yang ada di Malang?

Belum banyak pantai menawan yang telah kujelajahi di Malang bagian selatan. Baru terhitung tiga pantai, yaitu Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, dan Segara Anakan yang ada di pulau Sempu sebelum kawasan tersebut kemudian ditutup sebagai kegiatan wisata. Masih banyak pantai lainnya yang menawan, seperti Bajul Mati, Gua Cina, Tiga Warna, Ngliyep dan pantai-pantai selatan lainnya. Namun, dari info yang kuperoleh pantai-pantai tersebut sebagian besar belum memiliki akses kendaraan umum yang mudah. Sehingga, jika ingin melawat ke sana lebih baik jika membawa kendaraan pribadi ataupun rental kendaraan umum.

Nah, sebelum aku membuat rencana anggaran dan jadwal ke pantai-pantai tersebut, aku mendaftar pantai-pantai indah di Malang tersebut dari yang pernah kujelajahi dan ingin kukunjungi lagi serta pantai-pantai yang masuk harapanku. Berikut daftarnya:

  1. Pantai Balekambang

Pantai ini sudah beberapa kali kukunjungi namun masih nagih. Balekambang memiliki pantai yang putih dan berpasir lembut. Ciri khas pantai ini adalah keberadaan jembatan menuju ke pulau yang sekilas mirip dengan Tanah Lot di Bali. Di pulau tersebut terdapat pura dan pada perayaan agama Hindu tertentu maka pantai ini pun ramai sesak.

Ke Pantai Balekambang juga asyik (dokpri)

Pantai ini dulu paling favorit karena relatif mudah dijangkau dan ombaknya relatif aman. Fasilitasnya juga cukup komplet dengan adanya toilet, mushola, tempat makan dan juga tempat menjual oleh-oleh kerajinan dari kulit kerang.

  1. Pantai Sendang Biru

Pantai ini dulu menjadi titik poin menuju Pulau Sempu. Di sini juga menjadi tempat favorit untuk memancing dan menikmati masakan serba tuna.

Dari pantai Sendang Biru, air laut memang nampak begitu biru. Setelah puas bermain pasir dan menikmati keindahan alamnya maka wisatawan bisa melipir ke tempat pelelangan ikan untuk membawa oleh-oleh tuna segar. Tak jauh dari pantai juga ditawarkan aneka sajian tuna yang menggoda selera, dari tuna bakar, pepes tuna, abon tuna, stik tuna, dan serba tuna lainnya.

Oleh karena mulai tahun lalu aktivitas wisata di pulau Sempu dilarang maka kawasan pantai ini menjadi salah satu destinasi utama dan makin dipercantik. Pelarangan aktivitas berwisata di pulau Sempu dikarenakan kawasan tersebut merupakan cagar alam. Selain itu, sebagian wisatawan Indonesia kurang peduli akan kebersihan lingkungan, sehingga di dekat Segara Anakan malah banyak sampah bertaburan dan jika dibiarkan akan merusak ekosistem pulau Sempu.

 

  1. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep dulu paling kondang di antara pantai-pantai lainnya. Pantai ini memiliki perpaduan pasir yang putih, hutan lindung, dan tebing yang indah. Namun, pantai ini juga dikenal memiliki ombak yang ganas sehingga wisatawan diharapkan lebih berhati-hati di sini. Di media beberapa kali diberitakan ada pengunjung yang hilang terseret oleh ombak.

Pantai ini terletak di desa Kedungsalam, Donomulyo, sekitar 62 kilometer dari pusat kota Malang. Biasanya pada Mauludan pantai ini rame karena ada upacara labuhan. Sejak dulu aku ingin ke pantai ini, mudah-mudahan bisa segera terwujud.

Saat bulan Maulud diadakan upacara Labuhan di Ngliyep (sumber: http://donomulyo.malangkab.go.id)

  1. Pantai Tiga Warna

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Malang, pantai ini memiliki aturat ketat dalam berkunjung dan berwisata. Tujuannya, agar kawasan pantai tetap indah dan lestari, tidak dirusak oleh oknum wisatawan yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya sebelum ke pantai ini maka wisatawan harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Setiap harinya jumlah wisatawan juga dibatasi hanya 100 orang. Menariknya lagi, setiap bawaan pengunjung dicatat, setiap sampah dari makanan/minuman pengunjung juga wajib dibawa lagi agar kawasan wisata benar-benar bersih bebas sampah pengunjung.

Wisatawan bisa snorkeling di Pantai Tiga Warna (sumber: http://piknikasik.com)

Wah seru juga yang konsepnya. Berwisata itu juga harus memerhatikan kelestarian lingkungan. Oh ya di sini wisatawan juga bisa melakukan snorkeling. Alam bawah lautnya juga tak kalah indahnya dengan panorama pantainya. Wah aku jadi pengin banget nih ke sini.

  1. Pantai Clungup dan Pantai Goa China

Pantai Clungup, Pantai Goa China dan Pantai Tiga Warna sebenarnya satu kawasan. Sehingga jika hendak berlibur ke pantai ini bisa langsung dapat tiga tempat, namun tentunya ke pantai Tiga Warna perlu dilakukan reservasi terlebih dahulu.

Pantai Goa China dan Pantai Clungup saat ini mulai populer di kawasan wisatawan yang mulai bosan dengan Pantai Balekambang yang mulai ramai oleh pengunjung. Pantai Goa China relatif lebih sepi sehingga mainnya lebih puas. Pasir di pantai ini juga lembut dan dihiasi oleh laut yang kebiruan, dan batu karang yang indah.

Pantai Goa China yang indah (sumber: http://www.wisatajatim.info)

Kalau melihat rutenya sih lebih baik jika aku ke sana menuju Pantai Tiga Warna terlebih dahulu karena jaraknya paling jauh. Mobilnya bisa kuparkir di Goa China. Setelah puas snorkeling dan foto-foto di Pantai Tiga Warna baru deh bermain ke Pantai Clungup yang sepi dan masih alami dengan gugusan pulaunya, kemudian dipungkasi dengan bermain hingga puas di Pantai Goa China.

Wah jadi tidak sabar untuk liburan ke pantai-pantai tersebut. Sebenarnya masih banyak pantai-pantai lainnya di Malang yang tak kalah menawan dan masih jarang dieksplorasi. Pantai-pantai tersebut bisa jadi destinasi berikutnya. Oh ya info pantai-pantai di Malang juga bisa Kalian baca di blog traveloka.

Pantai Clungup yang alami (sumber: milestripindonesia.wordpress.com)

Wah jadi tidak sabar untuk liburan ke pantai-pantai tersebut. Sebenarnya masih banyak pantai-pantai lainnya di Malang yang tak kalah menawan dan masih jarang dieksplorasi. Pantai-pantai tersebut bisa jadi destinasi berikutnya. Oh ya info pantai-pantai di Malang juga bisa Kalian baca di blog traveloka.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 26, 2018.

2 Tanggapan to “Long Weekend Jelajah Pantai Malang Yuk”

  1. Pantai clungup sama goa china baguss banget pasir pantainya 😍

    Di daerahku nggak ada pantai pasir putih kayak gini, semuanya pasir hitam 😂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: