Menulis Topik yang Disukai dan Dipahami Bikin Ngeblog Makin Asyik

Suatu ketika aku tergiur dengan hadiah sebuah lomba. Namun, entah kenapa aku sulit menuntaskan tulisannya. Aku kurang paham topiknya. Daripada buang waktu dan tenaga maka aku pun menuliskan sebuah ulasan. Tak sampai setengah jam tulisan ulasan sebuah lagu yang kusuka pun siap kuunggah.

Blog ini awalnya sebuah proyek idealis dan suka-suka. Aku hanya ingin menulis yang kusuka, terutama tentang traveling, icip-icip, film, dan musik. Semakin ke sini aku pun semakin fleksibel, tawaran menulis pun kuterima dan ajang lomba pun beberapa di antaranya kuikuti.

Sepuluh tahun lalu, ketika blog ini baru muncul, pembacanya mudah dihitung. Setiap harinya mungkin tak lebih dari sepuluh. Aku yang waktu itu memang hanya berniat menulis pun tetap tersenyum. Yang membaca blog ini mungkin tak sengaja masuk atau memang benar-benar memiliki kesukaan dan hobi yang khusus.

Meskipun pembacanya hanya sedikit namun aku tetap menulis. Oleh karena waktu itu aku bekerja sebagai humas yang sering kesana kemari maka aku hanya menulis seminggu satu dua kali. Topiknya tak jauh-jauh dari daerah yang pernah kukunjungi, baik saat liburan maupun ketika melakukan perjalanan dinas.

Rupanya kawan-kawan kantorku tahu aku gemar menulis di blog. Beberapa di antara mereka jadi pembaca setiaku. Angka pembaca pun merangkak dari yang bisa dihitung dengan jari kemudian menjadi sekitar 80-100 kunjungan per hari. Wah lumayanlah karena aku tidak pernah berharap banyak. Aku menjadikan kegiatan menulis di blog hanya sebagai selingan dan hobi.

Ketika aku bekerja sambil kuliah malam hari, lagi-lagi blog kujadikan sarana pelampiasanku ketika aku bosan dan lelah dengan kedua kegiatanku tersebut. Topikku pun beragam, aku makin sering menulis ulasan buku dan wisata-wisata yang kutulis secara panjang lebar.

Semakin berumur usia blogku maka kontennya pun beragam. Topiknya meluas. Pernah suatu ketika usai membaca kisah pewayangan hingga tuntas aku menuliskan hal yang membuatku lega. Tentang akhir kisah Sangkuni yang jahat. Yang membaca hanya satu dua perharinya, tak mengapalah.

Jumlah pembacaku merangkak namun secara perlahan-lahan. Aku tak mempermasalahkannya. Hingga suatu ketika, enam tahun kemudian jumlah pembacanya melonjak.

Aku merasa tak percaya melihat selama bulan Agustus 2014 jumlah kunjungan rata-rata 1000/hari. Sempat naik dan turun, kemudian saat ini tetap stabil di angka sekitar 1000/hari. Menurutku jumlah ini cukup besar karena aku sadar diri kontenku kebanyakan adalah hobi yang spesifik. Tidak banyak penggemar musik rock dan klasik. Tapi jika jumlah pembacanya terus merangkak aku juga akan makin berseri-seri.

Pembaca mulai meningkat pesat tahun 2014 dan kini rata-rata hampir 1000 kunjungan/hari

Kalian Ingin Fokus Dimana?

Dari yang kubaca di C2live, rupanya ada tipa jitu agar ngeblog makin asyik dengan mendatangkan lebih banyak kunjungan perhari. Rahasianya ada tiga, Kalian bisa pilih salah satu atau menggabungkannya.

“Pilih berfokus pada estetika, editorial, Β konten editorial berbasis data, atau menggabungkan ketiganya?”

Setiap orang tentu suka akan keindahan. Blog yang memiliki tatanan yang rapi, huruf yang konsisten dengan besar kecil yang pas serta foto dan infografik yang menunjang penampilan akan enak dilihat. Ingat, kesan pertama itu segalanya. Jika pembaca sudah merasa terkesan maka ia bisa berkunjung lagi ke depannya.

Kalian suka membaca berita yang aktual dan tak pernah ketinggalan info terkini maka Kalian bisa berfokus pada editorial. Kalian bisa memberikan opini Kalian kepada hal-hal yang bersifat viral atau sedang disorot banyak publik. Misalnya saat ini sedang ramai beberapa kawasan Jakarta yang kembali banjir, ada apakah? Kalian bisa memberikan opini Kalian terkait peristiwa tersebut.

Apabila Kalian suka membuat ulasan yang panjang lebar tentang suatu hal serta melakukan sebuah riset sebelum menuliskan sesuatu maka Kalian bisa berfokus pada konten editorial berbasis data.

Ketiga unsur ini bisa dikombinasikan dua di antaranya atau keseluruhannya. Jika belum sanggup, maka juga bisa memilih salah satu.

Pilih Konten Editorial Berbasis Data

Aku lebih banyak menggunakan konten editorial berbasis data

Aku suka seni tapi tak pandai menata sesuatu hingga nampak indah. Aku juga tak selalu mengikuti berita. Oleh karenanya blog ini lebih banyak tentang konten editorial berbasis data. Memang tidak semuanya sih. Banyak juga artikel di blog ini yang hanya beberapa baris dan nampak seadanya.

Jika aku punya banyak waktu atau penasaran akan sebuah topik tertentu maka aku pun mencoba menulisnya dengan panjang lebar. Tidak hanya topik yang berat. Topik yang ringan seperti ulasan film juga kubuat dengan membuat riset kecil-kecilan. Biasanya aku membaca proses produksi, siapa-siapa pemerannya, latar belakang sutradara, pesan-pesan dalam film, dan tentu saja tembang-tembang soundtrack-nya.

Untuk artikel dengan tema yang berat maka aku sering kali juga membaca paper, syukur-syukur ada jurnalnya. Wah segitunya? Ya, agar aku tak salah menuliskannya. Data itu perlu untuk menangkal hoax dan juga memberikan pengetahuan yang benar kepada pembaca.

Yang laris malah tulisan yang non mainstream dan pastinya komplet

Oh iya ternyata tulisanku yang banyak pembaca itu adalah tulisan yang tak lekang waktu. Tulisan Sangkuni itu kutulis tahun 2012 dan sampai sekarang masih laris. Tulisan berbasis data yang komplet dan berbeda seperti tentang musik rock dan musik non mainstream juga dibaca lebih dari 10 ribu kali. Jadinya aku semakin percaya diri untuk menuliskan hal-hal yang kusukai tanpa perlu berkiblat akan tren. Agar tulisan makin lengkap maka perlu data yang akurat.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 25, 2018.

2 Tanggapan to “Menulis Topik yang Disukai dan Dipahami Bikin Ngeblog Makin Asyik”

  1. Wah melonjak nya sampai dua kali lipat, dari 400 an sampai 1000an.

    Sama denganku, aku sering menulis tentang kebun, .. tapi pernah sekali mengenai ujian praktek SIM, eh malah jadi penyumbang terbesar page view.

  2. Apa? Ngeblog sudah lebih dari 10 tahun? Wow..wow…wow cool..πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Aku baru hampir setahun…πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ˜Š

    Mantap tips2nya…thanks dan sukses selalu menulis juga kegiatan utama lainnya..✊✊✊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: