Kerja Tim Itu ‘Kudu’

Aku bangun pagi dengan lesu. Meskipun sempat bepergian plus berlibur ke luar kota, aku merasa kecut. Rumahku berantakan hasil ulah kucing-kucing imut. Aku perlu bantuan untuk membenahi rumah yang semrawut. Aku perlu tim untuk membantuku.

Apa pendapatmu tentang team work alias kerja tim? Menurutku kerja tim bagi mereka yang sibuk itu ‘kudu’ alias wajib. Kerja tim ini bukan hanya dilakukan di tempat kerja, namun juga di lingkungan tempat tinggal dan ketika di rumah.

Kehidupanku sebelum dan setelah menikah memang berbeda. Dulu kesibukanku hanya di tempat kerja. Tempat tinggalku hanya di kosan, sehingga mudah dibersihkan. Cucian hanya beberapa lembar. Memasak pun ala kadarnya. Aku masih bisa main dan kemana-mana saat akhir pekan.

Kini setelah menikah urusan rumah tangga menyita perhatian dan tenaga. Dari bangun pagi hingga berangkat kerja aku mengurusi rumah, rasanya tak ada habisnya. Dari belanja, menyapu rumah, mencuci pakaian dan memberi makan Mungil, Nero dan kucing-kucing liar di halaman. Aku baru tenang berangkat kerja jika rumah bersih dan kucing-kucing sudah kenyang.

Urusan pekerjaan juga rasanya susah dikerjakan sendirian. Dulu di tempat lama sebagian besar pekerjaan kukerjaan sendirian. Kini kebalikannya. Aku perlu bantuan kawan-kawan karena rata-rata yang dikerjakan adalah sistem yang besar dan perlu sumber data juga analisa yang besar. Namun, untuk urusan tulisan aku masih lebih nyaman mengerjakannya sendirian.

Untuk urusan berkomunitas, aku juga mengandalkan teamwork. Aku saat ini masih aktif di komunitas perfilman. Rata-rata tiap minggu ada nobar. Terkadang bisa tiga kali nobar dalam sepekan. Kegiatannya bukan sekedar datang nobar tapi juga menyiapkan pengumuman, menyeleksi peserta, menagih ulasan film dan kemudian membuat rekapannya ke pihak pengundang. Kadang-kadang kami juga mengadakan acara spesial. Kegiatannya menurutku menyenangkan, bisa jadi penyeimbang pekerjaanku yang berhubungan seputar analisa dan desain.

Dengan banyaknya kegiatan, maka aku harus makin pintar membagi waktu. Oleh karenanya aku menganggap kerja tim itu kudu alias harus. Aku tak bisa melakukan semuanya sendirian.

Bagaimana dengan Kalian? Apakah Kalian saat ini juga merasa perlu kerja tim?

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 28, 2018.

4 Tanggapan to “Kerja Tim Itu ‘Kudu’”

  1. Kerja tim itu harus di banyak situasi. Paling enak kalau sudah menemukan tim yang bagus dan kompak.

  2. Kerja tim itu menurut aku harus inisiatif… mengisi segala kekosongan yang memang sebaiknya diisi. hahahha dengan gitu, kerjaan sesulit dan selama apapun akan terasa enak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: