Bagaimana Agar Konten Kita Banyak Pembaca?

Bagaimana sih menciptakan konten yang viral? Apa ya tips agar pembaca tulisan kita banyak? Wah topik yang menarik nih karena nggak sedikit artikelku yang minim pembaca. Dengan antusias aku pun mengikuti paparan dari Luthfi Kurniawan, Social Media Specialist Kompas.com, berjudul Content Strategy and Analysis

Menulis itu menyenangkan bagi sebagian orang. Ada yang idealis dan menganggap sekedar hobi sehingga tidak memedulikan jumlah pembaca, akan tetapi ada pula yang  berharap tulisannya bisa menarik pembaca, syukur-syukur bisa viral karena ia menggantungkan pendapatan dari jumlah pembaca. Aku sendiri masuk di tengah-tengah, aku menjadikan menulis sebagai hobi, juga senang jika artikelku banyak pembacanya.

Menurut Luthfi, konten itu tidak hanya berupa tulisan di blog. Konten bisa berupa cuitan di twitter juga bisa berupa foto dan infografis di instagram. Atau juga status panjang lebar di facebook dan video di youtube. Saat ini peran media sosial memang sangat besar dan ada lima besar yang masih potensial di Indonesia, yaitu facebook, twitter, instagram, youtube, dan linked in.

Dibandingkan blog jumlah pengguna medsos relatif lebih banyak. Namun untunglah blog bisa berkolaborasi dengan keduanya,namun perlu cara tertentu agar pengguna medsos tersebut mau membuka artikel di blog kita.Tapi ada juga pihak yang juga memasukkan blog sebagai bagian dari media sosial.

Ada banyak alasan orang menyukai media sosial. Ada yang beralasan mencari berita, mencari referensi ketika hendak jalan-jalan atau membeli produk, atau juga mengisi waktu luang.

Lantas bagaimana agar konten kita banyak yang melihatnya? Luthfi menyebutkan enam metode agar konten kita mendulang banyak viewer. Yang pertama adalah ikut isu kekinian. Jika topiknya yang sedang marak adalah tentang tren challenge yang aneh-aneh seperti menari di samping mobil yang berjalan, maka Kalian bisa bercerita tentang bahaya dan alasan tantangan tersebut seharusnya dilarang. Kedua, Kalian bisa memberikan konten yang bermanfaat, misalnya tips memilih kamera microless.

Konten yang berpotensi viral selanjutnya adalah memberikan fakta dan informasi yang baru. Misalnya saat ada bencana, Kalian memberikan fakta dan informasi baru seputar bencana tersebut, tapi jangan hoax ya.

Yang keempat adalah konten yang bercerita. Kalian posting gambar yang indah disertai tulisan yang deskriptif tentang keindahan alam tersebut. Berikutnya adalah konten yang aneh. Hal yang aneh dan unik biasanya mengundang rasa penasaran. Yang terakhir adalah konten yang berkualitas tinggi, maksudnya gambar dan tulisannya sama-sama oke.

Setelah menghasilkan konten yang memenuhi kriteria tersebut tapi ternyata pembaca tidak meningkat secara signifikan, apa yang salah ya? Ya, algoritma media sosial itu dinamis. Oleh karenanya sebaiknya Kalian juga paham dan terus update dengan pergeseran algoritma. Seperti misalnya instagram saat ini yang tidak semua foto baru tampil di beranda, melainkan yang banyak impresinya. Tantangan berikutnya yakni menemukan celah menurunnya organic reach tersebut, misalnya jumlah pembaca lebih banyak saat sore hari sepulang kerja daripada pagi hari, sehingga enaknya post di waktu tertentu. Atau pembaca Kalian lebih suka artikel hiburan daripada yang serius. Luangkan waktu untuk menganalisanya.

Tapi yang paling penting, tetap menulislah dan menghasilkan konten yang no hoax🙂

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 31, 2018.

6 Tanggapan to “Bagaimana Agar Konten Kita Banyak Pembaca?”

  1. Saya juga sering baca kalau content strategy itu penting. Apalagi kalau tujuannya selling. Tapi sekarang saya mah pasrah, haha silakan suka tidak suka tulisan saya yang penting saya nulis aja hahaha. Btw, nice sharing Mbaaa

  2. Boleh juga buat dicoba tips nya 😋😛

  3. Based on pengalaman sih, yang paling powerful adalah issue terkini yang dishare secara sensasional di medsos. Hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: