Ada Alteraksi Awal November Ini, Apa Itu?

Bagi yang suka sinema dan unsur budaya, Kalian bisa ikutan acara yang diadakan Kineforum dengan judul Alteraksi. Penasaran seperti apa film-film yang disajikan dalam festival tersebut? Yuk simak ulasannya.

Sebenarnya Alteraksi bukan program baru, program ini sudah pernah diadakan oleh Kinefroum pada bulan Agustus lalu. Melihat respon dan animo masyarakat, maka diadakan lagi program ini dengan tema yang berbeda.

Alteraksi dalam web Kineforum disebutkan sebagai program putar-dialog film yang memberi ruang untuk menyampaikan gagasan dan perasaan melalui kombinasi proses apresiasi film, penyulingan ide dan intuisi, pertukaran pandangan, serta refleksi bersama. Dalam acara ini terdapat refleksi sistem sosial. Diharapkan dengan adanya program Alteraksi maka melahirkan perspektif dan aksi baru atas dinamika hidup sehari-hari.

Dalam penyelenggaraan Alteraksi #2 ini Kineforum bekerja sama dengan Institut Français Indonésie, Danish Film Institute, Embassy of Denmark in Indonesia, dan Estubizi. Kali ini ada lima film yang bakal dihelat, tiga film panjang dan dua film pendek. Harga tiketnya ada yang cuma-cuma ada juga yang berbayar Rp20 ribu.

Tema alteraksi #2 yakni menebus kesalahan. Ada yang berpandangan mencuci dosa dengan kematian dan hari pembalasan sebelum nantinya masuk surga. Namun, ada pula yang berupaya menghindar dari upaya pembalasan dosa tersebut. Namun karma dan ujian juga bisa terjadi kapan saja, dari masa lalu yang menghantui, tudingan yang tak berdasar, peristiwa yang menguji hati nurani dan sebagainya.

Lewat lima film ini cerita-cerita sesuai tema tersebut bertalian. Film pertama merupakan film Perancis berjudul Elevator to the Gallows (Ascenseur pour l’échafaud). Film yang dirilis tahun 1958 dan disutradarai oleh Louis Malle ini bercerita tentang sepasang kekasih gelap, Julien dan Florence. Mereka hendak kabur setelah Julien membunuh suami Florence sekaligus atasannya. Namun rupanya Julien sulit untuk kabur, sedangkan Florence kebingungan mencarinya. Banyak hal yang memperkeruh suasana, membuat keduanya mempertanyakan kelanjutan hidup mereka seandainya keduanya tertangkap.  Film ini bakal tayang 2 November pukul 17.00

Film kedua dibuat oleh sineas Denmark berjudul Land of Mine. Film ini merupakan film kelas Oscar (masuk sebagai nominasi film berbahasa asing terbaik) yang dirilis tahun 2015. Ia akan tayang dua kali, tanggal 2 dan 3 November, masing-masing pukul 19.30 dan 15.00. Film ini menyoroti sisa-sisa perang dunia kedua. Ada banyak hal yang tersisa dari peperangan dahsyat tersebut. Di Denmark masih ada ancaman berupa ranjau. Pihak Nazi menanam dua juta ranjau di pesisir barat Denmar. Akhirnya para tawanan perang berupa prajurit belasan tahun  itu harus memertaruhkan nyawa menjinakkan bom agar ia dibebaskan dan bisa kembali ke tanah airnya di Jerman.

Film berikutnya adalah film yang memertemukan Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence. Judulnya Silver Linings Playbook yang membuat Jennifer berhasil meraih Oscar. Keduanya adalah duda dan janda yang marah karena kehilangan pasangannya. Pasangan ini kemudian bertemu tapi ternyata tidak mudah untuk kembali percaya dan meraih cinta baru. Film ini diputar Sabtu pukul 19.30.

Kedua film pendek berikutnya adalah film Indonesia berjudul Pulang Tanpa Alamat dan Sowan. Film pertama disutradarai oleh Riyanto Tan Ageraha. Film ini berkisah pasangan kriminal bernama Remo dan Bondet. Remo meninggal mendadak. Bondet pun kemudian bingung menemukan tempat asal-usul Remo untuk memakamkannya dengan layak. Sedangkan film Sowan yang disutradarai Bobby Prasetyo ini bercerita tentang seorang ibu yang ingin mengunjungi kawan lamanya yang mantan tahanan politik akibat kasus G 30 S PKI. Suaminya yang dulunya tentara menolak idenya. Kedua film pendek ini akan diputar berurutan pada Kamis 1 November mendatang.

Film mana yang ingin Kalian simak?

Gambar dari web Kineforum

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 26, 2018.

5 Tanggapan to “Ada Alteraksi Awal November Ini, Apa Itu?”

  1. Dari semua baru nonton silver lining..kangen juga nonton film festival

  2. ini cara ikutannya gimana ya? apa cukup datang saja atau ada tahap registrasi? saya coba buka https://www.kineforum.org/single-post/jurnal/Alteraksi-2 masih belum jelas juga, barangkali tahu mbak 🙂 acaranya menarik, terima kasih sudah share

  3. silver linings playbook bagus ya
    oscar pertama jennifer lawrence

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: