Nama Blogmu Kok Begitu?

Mengapa sih nama domainmu menggunakan nama lengkapmu, bukan nama yang lucu-lucu dan nama yang mudah diingat? Wah kenapa ya? Kalau ditanya alasannya aku juga bingung karena waktu membuat blog ini rasanya spontan aja namaku muncul. Atau mungkin sifat blogku yang dulunya personal.

Ada dua poin latar belakang aku menggunakan nama domain seperti saat ini. Saat itu sepuluh tahun silam aku masih awam dengan mesin wordpress. Mungkin saat itu aku salah, kupikir nama yang harus dimasukkan itu nama lengkapku. Eh ternyata itu kemudian menjadi nama domain. Mau kuubah kok rasanya sulit juga menemukan nama baru. Ya sudahlah akhirnya bertahun-tahun kemudian nama blogku tak berubah.

Alasan berikutnya yaitu sifat blogku yang awalnya personal. Dulu blogku hanya berisikan cerita perjalanan, ulasan buku dan makanan, juga cerita-cerita pendek yang sifatnya personal. Aku merasa aku anonim. Di antara banyak nama yang sama bertebaran di dunia maya siapa sih yang akan mengenaliku.

Awalnya memang tidak ada yang mengait-ngaitkan aku dengan blog. Tidak banyak juga yang tahu nama lengkapku. Alhasil aku merasa anonim dan seperti avatar di dunia maya. Tulisan-tulisanku di awal lebih personal dan lebih apa adanya.

Tapi seperti pernah kusebutkan di artikel sebelumnya, jaman kemudian berubah. Muncullah komunitas blog dan acara-acara yang banyak melibatkan blogger. Ya kemudian blogku itu menjadi salah satu identitasku.

Kabar baiknya blogku semakin banyak pembaca dan aku menjadi salah satu blogger di antara ratusan ribu atau mungkin jutaan blogger di Indonesia. Kabar buruknya, aku jadi tidak berasa anonim dan lebih berhati-hati menulis. Kan gawat jika aku menulis cerita konyol kemudian orang mengasosiasikannya denganku, padahal di dunia nyata aku termasuk orang yang nampak ‘serius’ hehehe.

Sifat blogku itu personal dan gado-gado. Apa saja ada, mengikuti keinginanku menulis saat itu. Memang ada juga tulisan endorse atau tulisan yang kurencanakan. Namun lebih dari 70 persen di antaranya lebih banyak yang kutulis saat itu juga. Aku lagi suka mendengarkan lagu A, ya kutulis kemudian lagu tersebut. Aku lagi kangen kucingku, apa salahnya kutulis saat itu juga.

Seperti swalayan apapun ada. Tulisan tentang ulasan buku, musik, dan film ada. Cerita fiksi juga ada. Yang serius juga sebenarnya banyak. Cuma karena tulisan di blog ini sudah lebih dari 2000 artikel jadinya persentasenya terasa kecil.

Oh ya kenapa pakai dot net bukan dot com? Hemmmm kenapa ya, biar lebih keren dan tidak terlalu pasaran. Saat itu aku sebenarnya juga memesan nama dot com tapi gara-gara wakru itu aku tidak pinjam kartu kredit jadinya nama itu terbengkalai. Waktu kupesan lagi eh seolah-olah sudah dimiliki pihak lain. Ya sudahlah. Jadilah nama domainku berakhiran dot net. Dua blogku yang lain pakai dot com meskipun bukan blog komersil.

Ada lagi pertanyaan kenapa tidak membuat blog niche yang mengarah ke satu kategori? Hemmmm sebenarnya sudah kupikirkan. Aku dulu rajin menulis film di Cinemania dan UCNews, tapi kemudian aku berhenti. Oleh karena artikelku tentang kuliner dan buku cukup banyak maka aku melahirkan blog baru. Kali ini namanya lebih khusus. Keblinger Buku untuk blog yang membahas tentang buku, baik ulasan maupun serba-serbi buku. Sedangkan yang membahas kuliner kuberi nama Pustaka Kulinerku.

Tapi rupanya mengelola tiga blog dan kemudian juga menulis di Kompasiana dan UCNews itu benar-benar perlu energi dan waktu. Aku kemudian tak sanggup. Aku hanya mampu menulis rutin tiap bari di blog ini. Beberapa hari sekali dan kini mulai beberapa minggu sekali baru memutakhirkan isi di kedua blog nicheku. Karena tematik maka menulis di kedua blog tersebut perlu bahan. Aku harus membaca buku atau memikirkan tentang makanan. Sementara aku semakin jarang menulis di Kompasiana. Di UCNews aku sudah tak aktif lagi di awal tahun ini.

Eh jadi ngalor-ngidul ceritanya. Menurut Kalian nama blog yang keren dan mudah diingat itu seperti apa sih? Eh waktu itu temenku berkata ‘kumpul bagi’ tapi terdengar seperti ‘kumpul babi’ dan itu menurutku lucu, bisa jadi nama blog tentang para satwa. Kalau aku punya banyak waktu aku juga ingin memiliki blog khusus fauna.

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 22, 2018.

12 Tanggapan to “Nama Blogmu Kok Begitu?”

  1. Yang penting mudah diingat hahaha blog gado gado emng penikmat sendiri bagi penulisnyaa❤❤

  2. Nurutku nama lngkap sendiri jg gpp, lebih unik mlah.

    Lma jg ya jadi bloger.. mantap sdh 2 rb an tulisan.

    Ttp smngat nulis ya Mbak.

    Sy mah update blog at least one week.. tp ttp nulis tiap hari, aplgi blogwalking hrs tiap hari, klau sy.. 🙂

  3. Nama yang keren itu anakayammmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: