Madani Film Festival, Festival Film Internasional tentang Dunia Islam

Sebentar lagi festival film internasional tentang dunia Islam akan kembali dihelat. Namanya Madani Film Festival Ini adalah festival film Madani tahun kedua. Acaranya akan dihelat di delapan tempat dan diselenggarakan pada 21 – 27 Oktober 2019. Yuk cari tahu seperti apa sih acaranya.

Dalam acara yang digagas oleh Mizan dan Pabrikultur, tema yang diusung kali ini adalah keberagaman. Melalui acara ini diharapkan penonton bisa lebih memahami perbedaan nilai, harapan, dan budaya muslim di berbagai negara. Nilai-nilai dan budaya muslim di Timur Tengah bisa jadi berbeda dengan muslim di Amerika dan di Indonesia.

Dalam festival ini terdapat sembilan kegiatan, dari pembukaan dan penutupan film, Madani di @america, a Tribute for BJ Habibie (alm), Mahakarya, Layar Nusa, East Cinema, Madani Short: Brief Reconciliation, Stories in Tunisia, dan Madani Family. Dalam program Mahakarya ,misalnya. Dalam program ini ditampilkan film-film Indonesia yang berkualitas dan ternama pada masanya. Tujuan dari program ini untuk mengapresiasi karya-karya sineas Indonesia. Kali ini ditampilkan “Kantata Takwa” (2008) dan “Para Perintis Kemerdekaan” (1977) yang masing-masing disutradarai oleh Eros Djarot dan Asrul Sani.

Program Madani @America menampilkan film-film dokumenter karya direktur muslim dari Amerika. Mereka menampilkan suara muslim dari pengungsi Suriah di Libanon, kisah muslim di Afghanistan, dan sebagainya. Juga ada sesi diskusi bersama direktur Akram Shibly di program tersebut.

Film-film lainnya yang menarik untuk ditonton di festival ini yaitu “Kaddish for a Friend”, “Bilal: A New Breed of Hero”, “The Tower”, “Le Challat de Tunis”, dan “Beauty and the Dog”. Film-film Indonesia lainnya yaitu “Uang Panai”, “Jack”, dan “Habibie & Ainun” juga “Rudy Habibie”.

Film ini ditayangkan di delapan tempat. Tempat-tempatnya yaitu @America, IFI Thamrin, Binus University Alam Sutera, Indiscop, CGV FX, American Corner Universitas Muhammadiyah Malang, American Corner Institut Teknologi Bandung, dan Binus University Kampus JWC. Ada yang cuma-cuma dan ada yang berbayar. Yang berbayar rata-rata tiketnya Rp 15 – 40 ribu.  Info detail bisa Kalian cek di website madanifilmfest.

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 18, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: