Hidup Manusia Modern Kini Bergantung Koding?

Ada yang menarik dari salah satu episode dalam serial berjudul Explained. Mereka membahas tentang koding. Apakah manusia modern saat ini hidupnya bakal bergantung pada deretan kode tersebut?

Cerita diawali dengan sebuah peristiwa yang menimpa operator 911. Selama enam jam masyarakat kesulitan menghubungi 911. Bukan soal listrik, juga bukan soal hardware lainnya. Ternyata ada masalah dengan barisan programnya. Hal ini tak diketahui hingga peristiwa itu terjadi.

Pada saat ini hampir setiap kehidupan terhubung secara elektronik. Dalam piranti tersebut terdapat baris-baris kode. Smartphone yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat dunia juga di dalamnya terdapat kode-kode tertentu. Di dalam smartphone juga terdapat berbagai aplikasi yang juga dibuat dengan koding.

Kalian pasti bakal gelisah jika sebuah aplikasi penting misalnya aplikasi percakapan mengalami gangguan sehingga pesan seharian tak tersampaikan. Bagaimana jika sistem tersebut malah mengeluarkan perhitungan yang salah sedangkan Kalian diburu waktu membuat laporan keuangan?

Yang lebih menguatirkan lagi apabila suatu ketika koding itu bermasalah tanpa kita ketahui? Bagaimana jika kemudian ada yang menyisipkan baris kode tertentu yang baru menjadi bom waktu pada hari dan tanggal tertentu sehingga sistem tersebut mati total?

Aku jadi ingat pada tahun 2000 juga ada kekuatiran seperti itu karena sistem pewaktuan. Tapi untunglah hal-hal yang dicemaskan tak terbukti.

Semua hal yang terkomputerisasi dibuat oleh manusia. Oleh karenanya manusia jangan sampai terlalu tergantung oleh koding, perlu juga dibuat cara alternatif apabila sistek tersebut bermasalah dengan menyediakan langkah manual. Selain itu, memang benar jika semua baris kode perlu didokumentasi dan dibuat log-nya secara otomatis agar jika ada kesalahan segera bisa terlacak.

Gambar pixabay

~ oleh dewipuspasari pada November 11, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: