Bagaimana Menyetrika Agar Penatnya Sedikit Berkurang?

Malam Senin waktunya menyetrika pakaian. Hehehe aku masih perempuan konvensional, meski sudah banyak jasa cuci gosok, aku tetap melakukan pekerjaan mencuci dan menyetrika sendiri. Hitung-hitung olah raga dan berhemat, ya meskipun pekerjaan ini sebenarnya membosankan. Bagaimana agar setrika tidak terlalu bikin penat?

Baju-baju yang sudah kering dari proses penjemuran biasanya kuangkat dan kulipat dulu. Jika ada waktu biasanya juga kupilah-pilah, baju kaus dan kemeja kupisahkan, demikian juga dengan baju dalam. Aku juga suka melipatnya setengah rapi. Jadinya bila baju itu belum kusetrika dan ternyata perlu digunakan, maka tidak begitu nampak kusut.

Proses mencuci dengan tangan juga mengurangi proses kusut. Ketika menjemur juga kuupayakan rapi. Selain enak dilihat, juga membuat baju lagi-lagi tidak begitu kusut.

Sebelum menyetrika maka perlu dilakukan persiapan. Hehehe kayak memasak saja. Yang perlu disiapkan adalah alas setrika, setrikaan, tempat menaruh baju yang akan dan sudah disetrika, juga kipas angin, air minum, dan cemilan. Lagu-lagu siap putar juga penting. Atau juga bisa diganti dengan radio, acara TV atau film Netflix.

Nah setelah semuanya siap, maka mulai deh menyetrika. Biasanya kuselang-seling antara menyetrika baju kaus dan kemeja agar tidak terasa penat. Selang beberapa baju aku juga melakukan peregangan dan menyantap cemilan. Sambil menyetrika aku mendengarkan musik atau menonton film. Tapi tentunya aku harus berhati-hati karena pernah juga aku keasyikan dan setrikanya masih menempel di baju. Hehehe bajuku ada motif baru. Untung kemudian setelah dingin, motifnya memudar.

Kini aku membatasi waktu setrika maksimal dua jam. Dulu aku pernah mencapai rekor empat jam menyetrika. Setelahnya aku malah sakit punggung. Pegal banget. Hahaha.

Gambar:pexels

~ oleh dewipuspasari pada Februari 2, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: