Membuat Makalah Ilmiah, Tantangannya Itu Niat

Aku suka menulis. Membuat paper alias makalah terutama makalah ilmiah ntuk konferensi internasional itu lumayan tantangannya. Dibandingkan menulis fiksi atau sekedar cuap-cuap di blog, menyusun makalah itu bagiku sungguh berat dan penuh perjuangan.

Tahun kemarin bagiku tahun-tahun yang manis. Ada tiga makalahku masuk konferensi internasional, dua di bidang teknologi informasi dan komputer, lainnya di bidang budaya pariwisata. Hehehe entah kenapa aku tertarik membuat desain aplikasi mobile untuk bidang budaya pariwisata dan untungnya lolos. Sayangnya untuk yang terakhir belum terbit prosidingnya.

Tahun ini aku berencana juga tetap produktif menulis di bidang ilmiah. Targetku setidaknya ada dua paper dan satu jurnal internasional. Cuma entah kenapa memulainya itu susah. Aku lagi eneg membaca makalah.

Besok ada tenggat waktu mengumpulkan makalah. Duh aku belum apa-apa. Masih banyak yang harus kukerjakan. Aku malah asyik menulis ini dan itu yang tak ada hubungannya dengan makalah.

Ayo-ayo semangat. Aku harus mengumpulkan niat dan tekad untuk menyelesaikan makalah. Setidaknya selesai dalam merangkum literatur yang telah kubaca.

~ oleh dewipuspasari pada Februari 13, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: