16 Tipe Kepribadian dan INFJ-a


Sudahkah Kalian mengenal kepribadian Kalian? Mungkin Kalian bingung karir apa sih yang cocok dengan kepribadian Kalian, nampaknya Kalian lebih suka hal-hal yang spontan atau malah terencana. Kalian bisa mencobai tes MBTI untuk mengetahuinya.
Tes ini merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator karena perancang tes ini adalah Katharine Briggs dan Isabel Myers berdasarkan teori kepribadian Carl Jung. Ia mengelompokkan 16 kepribadian menjadi empat kelompok besar, yaitu analis, diplomat, sentinel, dan eksplorer.

16 kepribadian ini merupakan kombinasi dari empat hal yang berlawanan. Yaitu: ekstrovert vs introvert (E vs I); Intuisi vs Observant/Sense (N vs S); Thinking vs Feeling (T vs F); dan Judging vs Prospecting (J vs P). Kategori kecilnya adalah assertive vs turbulent (a vs t).

Kalian bisa mengetahui hasilnya dengan mengikuti tes online yang berbahasa Indonesia di banyak web psikologi atau versi aslinya di web 16personalities. Aku mencoba mengikuti yang terakhir. Ada soal-soal tinggal jawab setuju atau tidak setuju. Tesnya memakan waktu sekitar 15 menitan dan berbahasa Inggris.

Dari hasil tes tersebut rupanya aku masuk INFJ-a yang merupakan singkatan Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging. ‘A’ kecilnya adalah assertive. Jika kubaca deskripsinya memang sebagian besar cocok: imajinatif, terlihat ekstrovert meskipun sebenarnya introvert, intuitif, dan berpikir kompleks seperti suka membahas perjalanan lintas waktu, bagaimana bumi masa lalu dan sebagainya.

Wah kalau kubaca secara lengkap aku cocoknya bekerja di bidang sosial atau jadi penulis dan seniman hehehe. Satu lagi yang membuatku tertegun yaitu kemampuan empati dan menyerap emosi. Wah kok benar ya. Ini hal yang kerap menyulitkanku saat dulu jadi pewarta.

Tes ini menarik karena memberikan gambaran besar tentang kekuatan dan kelemahan dari tiap-tiap kategori kepribadian. Ia juga memberikan saran tentang pilihan karir yang pas dan cara meminimalkan kelemahan.

~ oleh dewipuspasari pada Maret 27, 2020.

3 Tanggapan to “16 Tipe Kepribadian dan INFJ-a”

  1. Beda tipis ya kak, aku INFP . . Rasanya hidup ini damai-damai overthinking. Wkkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: