Tentang Penuaan Kulit dan Solusi Meminimalkannya

Penyaan kulit
Skincare-mu merek apa? Wah aku suka kelimpungan bila ditanya tentang urusan skincare. Saat ini aku menggunakan pelembab untuk sehari-hari dan krim malam untuk malam hari. Membersihkannya pun cukup dengan facial foam. Tapi kemudian aku diingatkan lagi bahwa tak cukup dengan itu untuk menjaga kulit tetap sehat dan muda lebih lama.

Dalam sebuah webinar yang diadakan oleh Crystallure Wardah dan Komunitas Babe, spesialis kulit, dr Windy Miryana Sp.KK mengingatkan kembali pentingnya untuk mengetahui jenis kulit dan usia-usia di mana kulit mengalami penuaan.

Ada lima jenis kulit, dari kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Nah, di sini tiap orang harus tahu dulu jenis kulitnya sebelum memilih produk skincare yang tepat. Bagi yang kulitnya berminyak maka bisa menggunakan produk yang berbahan air, misalnya yang bentuknya gel.

Jenis kulit sendiri dipengaruhi banyak hal. Faktor intrisiknya adalah genetik dan perubahan hormon. Sedangkan ada juga faktor luar yaitu sinar matahari, perubahan cuaca, obat-obatan, gaya hidup, stress, dan produk skincare yang terlalu keras.

Penuaan kulit
Kemudian untuk merawat kulit maka perlu tahu juga bahan-bahannya. Misalkan untuk mencerahkan wajah itu perlu bahan dalam skincare seperti vitamin V, Retinoid, asam salisilat dan lain-lain. Sedangkan untuk yang berjerawat perlu bahan seperti AHAs, Benzoil Peroksida, Azaleic acid dan lain-lain.

Nah penuaan kulit itu ternyata mulai terjadi pada usia 25 tahun ke atas. Jadi sejak usia 25 tahun boleh menggunakan produk yang mengandung unsur anti aging.

Ciri penuaan tersebut di antaranya kulit mulai kusam, kasar, kering, keriput, kulit tipis, perubahan warna, dan freckless. Penuaan ini juga turut didorong oleh sinar matahari, polusi, kurang tidur, penyakit tertentu, genetik, dan hormon. Studii menunjukkkan ada perbedaan signifikan antara mereka yang kembar satu merokok dan satunya tidak. Mereka yang doyan berjemur tanpa pelindung dan tidak sering berjemur juga ada perbedaannya.

Cara mencegah penuaan kulit itu ada empat. Yang pertama menghindari sinar matahari langsung, menggunakan tabir surya, memakai skincare, dan mengatur gaya hidup. Nah pada saat pandemi ini jangan lupa untuk makan sehat, tidur cukup, bersihkan wajah dengan baik, melindungi kulit, dan menggunakan skincare agar kulit tetap sehat dan mencegah penuaan.

Dalam webinar ini juga ada demo untuk menggunakan skincare dari tim Crystallure  (Nisa dkk) dan pertanyaan seputar masalah kulit. Misalnya tentang komedo. Komedo rupanya umumnya berasal dari sisa residu minyak. Ini dikarenakan pembersihan yang kurang sempurna. Jadi tak cukup dengan hanya facial foam. Perlu digunakan pembersih wajah dengan kapas agar bersih sempurna yaitu dua kali, pagi dan malam hari.

Menggunakan pelembab juga perlu dibarengi dengan tabir surya. Boleh yang bahannya jadi satu dengan pelembab atau dilapis, jadi pelembab dulu baru tabir surya. Ini hasilnya akan lebih baik.

Sehat kulit masa pandemi
Wah aku jadi lebih paham soal kulit setelah mengikuti sesi ini. Kayaknya perlu belanja skincare nih, terutama produk pembersih wajah dan pelembab yang mengandung tabir surya agar kulit tetap muda lebih lama.

~ oleh dewipuspasari pada Mei 30, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: