“The Furnace” Cerita Penunggang Onta Afghanistan di Australia

The furnace, penunggang onta afghanistan dan aborigin
Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2021 resmi dibuka semalam (Jumat, 18 Juni). Film pembukanya adalah film berkaitan dengan sejarah Australia pada akhir abad ke-19. Yakni, para penunggang onta dari benua Asia yang menjelajahi gurun pasir Australia bagian barat.

Rupanya pada masa-masa tersebut pemerintah Australia banyak mendatangkan onta dan juga kurma. Para penunggang onta di antaranya berasal dari Afghanistan, Persia, dan India yakni para Sikh. Mereka berhubungan baik dengan kaum Aborigin. Tugas mereka mengangkut muatan melalui daerah-daerah yang berbahaya dengan bantuan pengetahuan suku Aborigin.

Diceritakan dalam film ini pada tahun 1897 ada penunggang unta Ghan (dari Afghanistan) bernama Hanif (Ahmed Malek). Ia pemuda muslim yang bekerja dengan seorang Sikh dan aborigin.

Suatu ketika ia menemukan tas berisi dua batang emas dengan simbol mahkota dan seorang pria kulit putih yang terluka. Ketika kaum Aborigin menemukan emas tersebut mereka sangat marah. Ia dituding membawa bencana ke kaum mereka, mereka memintanya pergi bersama pria tua bernama Mal (David Wenham) tersebut.

The furnace, penunggang onta afghanistan dan aborigin
Akhirnya Hanif dan Mal bertualang sembari menghindari kejaran polisi dengan dua onta. Emas tersebut sulit dilebur. Keduanya mencari cara melakukannya.

Alurnya agak lambat dan datar. Adegan juga banyak di malam hari sehingga gambarnya agak gelap. Di sini penonton diajak untuk menyelami karakter-karakter tokoh di sini. Bagaimana latar sosok Hanif dulu, bagaimana ia bisa sampai di Australia. Siapakah sebenarnya Mal dan sosok iblis dengan anjing yang disebut-sebutnya?

Dari segi cerita, mungkin terbilang biasa saja. Namun di sini yang juga menarik adalah situasi dan adegan yang coba digambarkan realistis. Gambar-gambar di gurun indah namun juga tidak dibuat begitu dramatis.

Selain itu penonton diberikan informasi bahwa penunggang onta yang rata-rata muslim dan Sikh memiliki hubungan baik dengan suku Aborigin. Interaksi mereka menarik disimak, bagaimana mereka saling berbagi pengetahuan dan budaya.

The furnace, penunggang onta afghanistan dan aborigin
Oh iya David Wenham itu pemeran Faramir dalam Trilogi “The Lord of The Rings”. Wah aku tak mengenalinya di sini. Sebelumnya juga ada film “Track” tentang penunggang onta pada masa modern yang dibintangi Mia Wasikowska dan Adam Driver. 

Film yang disutradarai Roderick Mackay ini meraih dua nominasi, di Venice Film Festival dan El Gouna Film Festival 2020. Ia berhasil menang di ASIN Award 2020 di kategori Best Editor. Film ini bisa disaksikan lagi selama FSAI 2021 pada Minggu 27 Juni pukul 13.00.

Apakah mereka berhasil menyelamatkan dan melebur emas curian?

Gambar dari IMDb

~ oleh dewipuspasari pada Juni 19, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: