Kisah Awal Mula Tanaman Mengerikan dalam “Kingdom: Ashin of The North”

Kingdom
Film tentang zombie memang cukup beken di Korea Selatan. Ada cukup banyak film bertemakan zombie dari “Train to Busan”, “Alive”, hingga serial “Kingdom”. Nah serial “Kingdom” yang diputar selama dua musim ini rupanya punya banyak penggemarnya, sehingga kemudian juga dibuat cerita side story-nya, tentang awal mula merebaknya zombie dari tanaman mengerikan tersebut.

 

Prekuel dari serial “Kingdom” berjudul “Kingdom: Ashin of The North” ini merupakan film yang berdiri sendiri alias langsung tamat, bukan jenis serial. Filmnya berdurasi sekitar 93 menit.

Di awal dinampakan sosok tanaman dengan bunga berwarna biru yang nampak cantik. Tanaman itu disantap oleh rusa. Lalu si rusa disantap harimau. Bunga ini juga nampak menarik perhatian Ashin kecil yang ibunya sakit. Ia membaca keterangan di sebuah tempat di hutan, area perbatasan, tanaman itu bisa mengembalikan kehidupan hanya harus dibayar sangat mahal.

Sementara itu di bagian hutan lainnya nampak bergelimang mayat. Mereka berasal dari suku Jurchen yang mencari tanaman gingseng liar. Sebenarnya mereka dibunuh oknum serdadu, namun pelaku pembunuhan tersebut dibelokkan menjadi seekor harimau tersebut.

Ashin kecil
Desa Ashin yang terletak dekat hutan perbatasan itu kemudian jadi sasaran. Ashin yang sedang mencari tanaman misterius tersebut untuk menyembuhkan ibunya pun selamat.

Tanaman misterius itulah benang merah antara kejadian dalam film ini dengan kejadian berikutnya. Dengan pelaku penyebar tanaman ini adalah Ashin yang memiliki dendam.

Sosok Ashin di sini mengingatkanku pada karakter utama Hunger Games si Katniss dan karakter di Attack on Titan si Sasha yang pandai memanah dan ahli bertahan hidup. Ashin di sini begitu tabah ketika Ashin mendapati desanya hancur dan orang-orang yang dikasihinya tewas, termasuk ibu dan adik-adiknya.

Ashin dewasa

Ashin menjadi penggerak cerita ini. Perubahan karakternya dieksplorasi. Ceritanya kemudian memiliki twist yang mengubah rencana dan takdir Ashin.

Sebagai Ashin dewasa, Jun Ji Hyun nampak tangguh sebagai sosok perempuan yang beranjak dewasa dan menyimpan dendam. Ia nampak luwes memanah. Para pemeran lainnya juga tampil natural. 

Dari segi cerita, film ini mampu memunculkan riak-riak emosi penonton. Ketegangan dan kegaduhan karena zombie pun disimpan hingga waktu yang tepat. Memang tidak semenegangkan di film serial sebelumnya. Terornya masih level awal.

Hanya yang agak mengganggu tentang tulisan dalam tempat di gua tersebut, Ashin bukan orang pertama yang mengetahui rahasia tentang tanaman tersebut. Siapa yang membuat bangunan tersebut? Dan apakah Ashin melakukan eksperimen terlebih dahulu tentang tanaman tersebut sebelum berhasil menciptakan zombie karena tujuan awal Ashin hanya ingin menyembuhkan ibunya.

Poster prekuel kingdom
Cerita prekuel ini menurutku agak kurang rapi. Ada beberapa plothole yang membuatku malah bertanya-tanya. Sebagai hiburan, film ini memberikan wawasan sebelum kejadian pada dua musim serialnya.

Gambar dari Netflix

~ oleh dewipuspasari pada Juli 25, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: