Tentang Animasi “Bandung Lautan Api”

Animasi Bandung lautan api

Kalian tentu sudah pernah dengar atau malah sudah pernah nonton film “Battle of Surabaya”. Film animasi tersebut banyak meraih apresiasi meski dari segi komersial kurang tercapai. Sebenarnya bukan hanya film pertempuran 10 November yang telah dibuat animasi, ada juga cerita tentang kadet Maguwo dan juga Bandung Lautan Api.

Kali ini yang ingin ku bahas adalah animasi “Bandung Lautan Api”. Animasi ini hanya berdurasi 13 menitan. Animasi ini produksi Canan Pictures.

Kalian ingat kan peristiwa Bandung Lautan Api itu terjadi? Peristiwa tersebut terjadi pada 23 Maret 1946. Pada saat itu pasukan Inggris tiba dan mereka memberikan ultimatum agar Bandung Utara dikosongkan.

Maka dengan tujuan daerah mereka tidak digunakan untuk kepentingan strategis militer sekutu maka TKR bersama rakyat membakar rumah mereka dan bangunan-bangunan di sekitarnya. Ratusan ribu rakyat pun kemudian mengungsi.

Nah dalam animasi ini tokohnya adalah satu keluarga, Euis, Jajang, dan anak mereka bernama Maya. Mereka adalah keluarga muda yang harmonis.

Jajang sendiri kemudian bergabung dengan TKR. Sedangkan si Euis berjualan hasil tanaman mereka di pasar.

Suatu ketika terdengar berita di radio dan situasi yang peluk di pasar. Banyak yang mulai mengungsi dan membakar rumahnya. Sementara Euis tak sanggup meninggalkan rumah yang dibuatkan Jajang untuknya.

Animasi Bandung lautan api
Ceritanya sedih. Film ini hanya menampilkan dari sudut warga biasa yang dipaksa dengan kondisi untuk segera bertindak. Tak ada jaminan ia selamat bila ia hanya berdiam di rumah sementara tentara Sekutu sudah memberikan ultimatum.

Warna dan gambarnya cerah seperti jaman modern. Demikian juga gambaran karakter-karakternya. Kupikir ceritanya berlatar masa kini, kemudian flashback ke masa lalu. Tapi ternyata tidak, ceritanya adalah masa menjelang dan pada saat peristiwa Bandung Lautan Api.

Sebuah animasi yang menarik tentang pengorbanan dan perjuangan .

Kalian bisa menyaksikannya di sini:


Sumber gambar: Canan Pictures

~ oleh dewipuspasari pada Maret 19, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: