Nyumbang

Nyumbang

Ada banyak film pendek Indonesia yang bisa ditonton cuma-cuma di YouTube. Salah satunya Nyumbang yang diproduksi oleh Montase Film. Film ini menyoroti budaya buwuh alias nyumbang di masyarakat.

Bagaimana perasaanmu ketika mendapat banyak undangan pernikahan? Senang atau mulai resah? Kalau undangannya satu dua dan tidak berturutan maka tak masalah ya, tapi jadi masalah jika ada banyak sekaligus dan kita sedang tak punya.

Perasaan bingung dan pusing ini dialami Bejo dan istrinya. Keduanya pasangan suami istri miskin. Sawah belum panen dan jualan istri di pasar tak laku. Uang mereka kemudian habis untuk memberikan aneka kegiatan, dari undangan pernikahan, khitanan, hingga tetangga yang sakit. Akhirnya Pak Bejo berpura-pura sakit agar dapat sumbangan.

Ekspresi dan gerak-gerik Pak Bejo itu polos dan lucu. Ia ngotot dirinya sakit keras kepada dokter yang memeriksanya. Ia dan si istri kemudian kompak berakting agar para tetangga percaya Pak Bejo sakit keras.

Penutupnya bisa ditebak sih. Tapi menghibur. Kondisi ini juga banyak dialami oleh masyarakat di sekeliling. Padahal sebaiknya kalau tak ada uang, juga tak apa-apa tak memberikan sumbangan. Setuju kata Pak Bejo, sebaiknya mereka yang dapat sumbangan karena meski telah bekerja keras mereka tetap miskin.

Gambar dari Montase Films

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 9, 2023.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: