Tidak Sulit Jadi Kaya

Safir Senduk

Siapa bilang menjadi kaya hanya impian? Setiap karyawan berpeluang menjadi kaya asal cerdik mengelola keuangan.

Lontaran pertanyaan Safir cukup menggelitik, ’Di antara peserta, siapa yang masih memiliki masalah keuangan meski telah bekerja bertahun-tahun?’ Kontan, pertanyaan ini memancing peserta untuk memaparkan beragam masalah keuangan yang umumnya dialami karyawan. Gaji tidak tersisa, defisit atau terlibat utang, misalnya.

Kaya menurut pembawa acara di sebuah stasiun teve itu bukan diukur dari besarnya gaji atau kehidupan yang glamour. Namun, kekayaan dilihat dari besarnya simpanan atau aset. Menurut Safir ada tiga kiat yang wajib diketahui karyawan. Pertama, membeli dan memiliki sebanyak mungkin harta produktif. Empat jenis harta produktif yaitu produk keuangan, bisnis, aset yang disewakan dan barang ciptaan (mendatangkan royalti). ’’Produk keuangan lah yang termudah, murah dan cepat untuk dimiliki,’’ ujarnya seraya menguraikan beragam produk keuangan seperti deposito, valas dan reksadana.

Kiat kedua adalah mengatur pengeluaran. ’’Agar tidak defisit, bedakan kebutuhan dan keinginan, lakukan prioritas dan ketahui cara mengeluarkan uang secara bijak,’’ paparnya. Terakhir, yaitu menyiapkan masa depan. ’’Lakukan hal yang penting meski belum mendesak, sebelum dia menjadi sangat mendesak,’’ nasihatnya. Pos pengeluaran untuk masa depan itu di antaranya pendidikan anak, hari tua, rumah, liburan dan perjalanan ibadah.

Meski topik yang disajikan berbobot, Safir menyajikannya dengan santai berbumbu humor. Sehingga, peserta tidak malu-malu urun rembug tentang kondisi finansial atau masalah keuangan yang kerap dihadapi. [dimuat di www.taspen.com 2007]KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

~ oleh dewipuspasari pada Februari 15, 2008.

Satu Tanggapan to “Tidak Sulit Jadi Kaya”

  1. kalo memang benar2 mau kaya klik aja DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: