Optimalisasi Website Pemkot Probolinggo

situsWebsite suatu pemerintah daerah merupakan salah satu langkah mendekatkan diri ke masyarakat. Keberadaan suatu website bagi suatu pemerintah daerah juga menjadi semacam perpanjangan tangan pelayanan publik. Seperti pemerintah daerah lainnya, Kota Probolinggo juga memiliki situs atau website yang berlokasi di alamat www.probolinggokota.go.id. Lalu seperti apa sih penilaian situs ini dari kacamata saya sebagai salah satu masyarakat awam?Sejak tahun 2003 dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden No 3 tahun 2003 tentang Strategi dan Kebijakan Pengembangan e-Goverment dan Panduan Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah-Depkominfo pada 5 Agustus 2003, maka berbondong-bondong pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun tingkat dua membuat website.

Tujuan e-Goverment menurut Zainal Hasibuan, untuk memberikan informasi kepada sesama institusi pemerintah (Goverment to Goverment), informasi untuk kalangan bisnis (Goverment to Business), dan informasi kepada masyarakat (Goverment to Citizen) sehingga publik dapat mengetahui informasi lengkap suatu daerah dan pemerintah daerah tersebut mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya.

Situs web merupakan langkah pertama dari empat tingkatan pengembangan e-Goverment di Indonesia, yaitu web presence, interaction, transaction, dan transformation/integration.

Berdasarkan Inpres tersebut, terdapat 11 parameter penilaian suatu web Pemerintah Daerah, yaitu kecepatan akses, halaman depan (homepage), isi, konteks, kualitas, interaksi, kemudahan dibaca, mobilitas data, akurasi, layanan publik, dan jumlah pengunjung. Standar minimum untuk isi (content) menurut Kemenkominfo, meliputi selayang pandang Pemda (sejarah, motto, daerah, lambang, lokasi, visi dan misi), pemerintah daerah (misal stuktur organisasi), geografi, peta wilayah dan sumber daya, peraturan dan kebijakan daerah, dan berita. Sedangkan komunikasi dengan warga diwujudkan dengan adanya forum diskusi dan saran/komentar.

Evaluasi Website Pemkot Probolinggo

Dari segi kecepatan akses maka web probolinggokota.go.id ini cukup cepat diakses. Tiap halaman muncul kurang dari satu menit. Dari segi tampilan, menurut saya, masih kurang rapi dan terlalu ramai. Adanya marquee atau teks berjalan membuat penampilan website ini kurang elegan. Terlalu banyak yang ingin ditampilkan tanpa rencana yang baik sehingga nampak kurang rapi. Foto-fotonya juga kurang menarik. Agar menarik, Pemerintah dapat meminta saran dari beberapa pakar desain website untuk mempercantik dan memperbaiki navigasi atau peta situs.

Dari segi isi, website ini sangat lengkap. Seluruh persyaratan Kemenkominfo sudah ada di dalam website. Jika masyarakat ingin mengetahui geografis, nama walikota semua ada di dalam website. Namun, banyak isi yang diisi dari tahun 2010-2012, belum di-update, seperti prestasi kota Probolinggo yang terakhir di-update pada Mei 2012, juga data inflasi. Kemutakhiran data sangat penting bagi publik.

Untuk forum interaktif, sudah tersedia twitter dan facebook untuk menjangkau kalangan muda.  Juga telah terhubung dengan badan perijinan sehingga masyarakat dapat mengetahui prosedur dan mengunduh formulir perijinan. Sayangnya untuk buku tamu belum ada penyortir spam sehingga banyak pesan-pesan aneh yang muncul di halaman web. Mudah-mudahan Pemkot Probolinggo dapat menyediakan moderator atau memberikan antisipasi spam, seperti tiap pengunjung yang akan memberikan saran harus memasukkan kode yang tertera di layar secara acak.Pengunjung situs ini telah lebih dari 500 ribu dengan rata-rata 270 pengunjung tiap harinya. Jumlah yang cukup besar.

gust book-pemkot

Saya hanya dapat mengevaluasi dari segi isi, tampilan, dan jumlah pengunjung, kecepatan akses serta kemutakhiran. Sedangkan parameter lainnya belum dapat saya lakukan. Dari lima parameter tersebut, tampilan dan kemutakhiran data seyogyanya ditingkatkan agar lebih menarik pengunjung dan memberikan informasi yang lebih lengkap terhadap masyarakat.

Untuk tingkatan, situs pemerintah kota Probolinggo ini telah menapaki tingkatan kedua yaitu interaksi meskipun ada keterbatasan karena belum adanya alat untuk menyortir spam dan kebiasaan warga untuk berkomunikasi secara online. Diharapkan ke depan warga semakin mudah untuk berkomunikasi dan memanfaatkan layanan publik di sini seperti pengurusan KTP, akta kelahiran, dan lain-lain. Semoga Pemerintah Kota Probolinggo semakin maju dan menyejahterakan warganya.

Referensi:

~ oleh dewipuspasari pada November 25, 2013.

Satu Tanggapan to “Optimalisasi Website Pemkot Probolinggo”

  1. Kayaknya website itu udah diperbarui dari segi UI dan UX sih.. Jadi kelihatan lebih fresh dan segar ..

    https://waralabakan.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: