Mengenal e-Learning: #4. Yuk Asah Jiwa Kepemimpinan melalui XL Future Leaders eCurriculum

4-xl-future-leader

E-learning terus mendapat tempat di dunia pendidikan Indonesia, bahkan perkembangannya semakin pesat. Kini mulai bermunculan situs-situs yang menawarkan kursus online secara gratis. Salah satunya adalah kursus yang dikelola perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata. Kursus online mereka termasuk unik karena menawarkan modul-modul khusus yang bertujuan untuk mencetak pimpinan masa depan di Indonesia. Yuk kita kenali lebih lanjut tentang e-learning PT XL Axiata yang bertajuk XL Future Leaders eCurriculum.Program peluncuran e-learning Future Leaders eCurriculum ini merupakan program kesinambungan dari program pendidikan yang bertajuk sama, XL Future Leaders 2. Sebelum meluncurkan e-learning ini, PT XL Axiata mengundang para mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk mengikuti proses seleksi program pendidikan XL Future Leaders 2. Nantinya, para mahasiswa yang lolos seleksi berhak mengikuti program pendidikan selama dua tahun dengan kurikulum dan metode pengajaran yang khusus.

Dari rencana awal 120 didapatkan 135 mahasiswa dari ribuan pendaftar yang memenuhi kualifikasi. Mereka telah memulai kelas kepemimpinan sejak 26 Oktober 2013 yang juga sekaligus sebagai tanggal resmi peluncuran program XL Future Leaders 2.

Program ini bukan program perdana. Sebelumnya juga pernah diadakan dan mendapat animo mahasiswa yang tinggi. Menurut Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi, seperti yang dilansir berita2bahasa.com, program XL Future Leaders bertujuan mencari calon pemimpin yang bisa dan siap berkompetisi secara global. Selama dua tahun program pendidikan ini, mahasiswa akan belajar dengan kurikulum Xcel, yang didesain oleh PT XL dengan lembaga pendidikan global bernama Cognition. Selain melalui workshop/training yang diadakan di empat kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya), para mahasiswa juga akan belajar melalui media online. Selama dua tahun para mahasiswa akan menerima program pengembangan soft skill yang bertumpu pada tiga area kompetensi yakni komunikasi efektif, kewirausahaan-inovatif (innovative entrepeneurship), dan mengelola perubahan (managing change).

4-kurikulum

Sementara itu, bagi masyarakat umum dan mereka yang belum lolos seleksi, PT XL Axiata menyediakan kursus online gratis XL Future Leaders e-Curriculum. Publik dapat mengakses kursus gratis ini di http://www.xlfutureleaders.com. Setelah mendaftar mereka dapat memanfaatkan e-learning untuk mengakses delapan modul yang hampir identik dengan yang digunakan dalam program XL Future Leaders program. Selain melalui pembelajaran secara online, XL eCurriculum menyediakan sarana mentoring dimana para siswa dapat berinteraksi secara online dengan pengajar. Sesi mentoring ini diadakan pada Selasa-Jumat setiap pukul 9:00-11:00 dan 13:00-15:00.

Saya tertarik untuk mencoba kursus online gratis ini. Setelah mendaftar dan login, saya melihat ada delapan modul yang ditawarkan dalam pelatihan ini. Modul-modul tersebut yaitu Pengenalan e-Curriculum (introducing the XL e-Curriculum), merencanakan kesuksesan (planning for success), mengetahui gaya belajar dan pengenalan konsep kecerdasan emosional (know yourself as learner), berpikir untuk milenium ketiga (thinking for the 3rd millenium), kepemimpinan Indonesia (Indonesian leadership), keahlian berkomunikasi pada abad 21 (21st century communication skills), perencanaan tindakan (action planning), dan persiapan ke dunia pekerjaan (preparing for the world of work).

4-modul 3-isi

Setiap modul tersebut memiliki bahan materi yang perlu dipelajari keseluruhan. Selanjutnya sebelum menginjak modul berikutnya, siswa harus mengisi survei atau semacam kuis untuk mengetahui kemampuan penguasaan modul tersebut. Nilai yang didapatkan akan tercatat dalam sistem dan apabila memenuhi persyaratan kelulusan tiap modul, maka siswa akan memperoleh sertifikat kelulusan untuk modul tersebut. Menarik bukan?!

Modul-modul ini dipelajari secara berturut. Waktu itu saya mencoba untuk membuka modul ketiga untuk mengetahui seperti apa bentuk materinya. Rupanya di dalamnya ada beberapa artikel/essai yang perlu dibaca. Ada juga kuis untuk mengetahui gaya belajar masing-masing yang terlink ke situs edutopia.org.

4-your learning

Rupanya saya tipe intrapersonel yang suka belajar di tempat sepi sehingga memang cocok untuk belajar dengan metode online. Nah, bagi yang penasaran seperti apakah ilmu yang perlu dikuasai untuk menjadi calon pemimpin masa depan, yuk bergabung dengan XL Future Leaders eCurriculum.

Referensi
• XL Curriculum. [http://www.xlfutureleaders.com/local/staticpage/view.php?page=about-xl-ecurriculum]
• XL Future Leaders. [http://www.xlfutureleaders.net/about-the-project.html]
• XL Officially Started XL Future Leaders 2 and Launched e-Learning Platform. [http://www.xl.co.id/corporate/id/ruang-media/nasional/xl-officially-started-xl-future-leaders-2-and-launched-elearning-platform]
• Waris, Gusmiati. 22 April 2013. XL Future Leaders 2, Undang 120 Mahasiswa Terbaik Indonesia. [http://berita2bahasa.com/berita/01/17142204-xl-future-leaders-2-undang-120-mahasiswa-terbaik-indonesia]

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 24, 2013.

 
%d blogger menyukai ini: