Asuransi Payung Bagi Segala Aspek Kehidupan

Logo-Insurance-Day

Asuransi kerap diibaratkan payung. Bahkan, logo pada hari asuransi nasional (Insurance Day) yang digagas mulai tahun 2006 juga menggunakan unsur payung. Seperti fungsi payung yang melindungi tubuh manusia dari air hujan, maka asuransi menjadi pelindung di seluruh aspek kehidupan manusia. Oleh karena 18 Oktober diperingati sebagai hari asuransi nasional, yuk kita bahas kebutuhan berasuransi.

Pertumbuhan asuransi di Indonesia pernah mengalami masa keemasan pada tahun 1998 dengan produk andalan berupa asuransi jiwa. Saat itu ada 179 perusahaan yang bergerak di bidang asuransi

Namun, sejak tahun 2001 bisnis asuransi kemudian berjalan stagnan, bahkan cenderung menurun. Sebagian besar masyarakat memahami asuransi sebagai kebutuhan kesekian. Seiring dengan edukasi asuransi yang semakin baik, apalagi sejak digagasnya hari asuransi nasional, maka industri perasuransian kembali cerah.

Jika dulunya ada banyak perusahaan asuransi maka dengan adanya kontrol regulasi yang semakin ketat dan persaingan yang keras, maka pemain bisnis asuransi di Indonesia semakin terseleksi. Para perusahaan asuransi yang eksis saat ini di antaranya Jasindo, Bumiputera, Jiwasraya, Prudential, Manulife Indonesia, Sinarmas, Allianz Indonesia, dan sebagainya.

Selain asuransi komersial tersebut, juga ada asuransi sosial seperti Jamsostek, Askes, Taspen, dan Asabri yang telah dan berencana bergabung ke dalam BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Ya, BPJS Kesehatan telah lahir dari Askes dan salah satu program Jamsostek. Sementara BPJS Ketenagakerjaan akan lahir dalam beberapa waktu ke depan.

Apa bedanya asuransi komersial dan asuransi sosial?

Seperti namanya, asuransi sosial diharapkan mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat dengan adanya subsidi dana dari APBN juga premi yang sangat terjangkau. Dengan demikian asuransi sosial yang terdiri atas komponen kesehatan, kecelakaan tenaga kerja, jaminan hari tua, dan pensiun dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Asuransi sosial inilah yang diharapkan menjadi payung primer seluruh warga.

Kebutuhan Asuransi Sosial dan Komersial
Asuransi sosial memiliki manfaat yang dianggap memenuhi standar di Indonesia. Dengan premi kelas satu Rp 59.500/bulan maka warga bisa melakukan rawat jalan hingga operasi bedah. Namun, ada beberapa layanan yang tidak dijamin di BPJS Kesehatan dan segala urusan medis hanya bisa dilakukan di Indonesia.

Begitu pula dengan BPJS ketenagakerjaan yang mengurusi asuransi kecelakaan tenaga kerja dan asuransi untuk menghadapi masa tua, nilai asuransi yang didapat saat usia senja, saat terjadi musibah di tempat kerja atau yang diperoleh ahli warisnya mungkin nilainya masih dianggap kurang oleh sebagian orang. Nah jika Anda menganggap manfaat asuransi sosial yang ditawarkan BPJS kesehatan dan yang akan diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan masih belum memenuhi harapan, maka Anda bisa meng-upgrade kebutuhan Anda dengan memiliki asuransi komersial di bidang kesehatan dan ketenagakerjaan.

Apakah cukup dengan asuransi kesehatan dan asuransi untuk masa tua?
Asuransi selain diibaratkan dengan payung, juga bisa diibaratkan seperti suplemen dalam tubuh. Anda perlu melakukan check up tentang kondisi Anda dan keluarga untuk menentukan asuransi mana yang diperlukan oleh Anda.

Bila Anda masih kesulitan untuk menyisihkan uang setiap bulannya, maka asuransi sosial sudah mencukupi kebutuhan dasar Anda. Asuransi sosial memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar warga Indonesia.

Sedangkan, apabila Anda ingin manfaat hari tua Anda lebih banyak dan tidak pusing dengan biaya pendidikan si kecil maka Anda bisa mulai mengambil asuransi jaminan hari tua dan asuransi pendidikan. Begitu pula jika Anda ingin keluarga merasa tentram seandainya ada musibah yang membuat Anda berpulang ke sisi-Nya, maka Anda bisa mengambil asuransi jiwa. Asuransi jiwa ini biasanya hanya dimiliki kepala keluarga yang berperan untuk mencari nafkah, ada yang sistemnya berjangka (term life) atau seumur hidup (whole life).

Asuransi Umum untuk Segala Aspek Kehidupan
Seiring dengan kebutuhan dan risiko yang semakin meningkat, maka produk asuransi juga semakin beragam. Hampir di setiap kehidupan, asuransi menjadi payung. Ada asuransi kendaraan, asuransi banjir, asuransi perjalanan, bahkan ada asuransi rumah. Macam-macam produk asuransi itu juga bisa disebut asuransi kerugian.

Jika dulu Anda tidak merasa perlu dengan asuransi mobil, setelah membeli kendaraan roda empat Anda merasa perlu untuk memilikinya. Apalagi jalanan di ibukota dan kota besar semakin sesak, sehingga rawan untuk bergesekan dengan kendaraan lainnya.

asuransi mobil-vivanews

Jika sepuluh tahun silam asuransi banjir bukan kebutuhan, sejak Jakarta mulai sering dilanda banjir tiap tahun maka banyak warga yang mulai mengambil produk asuransi banjir karena was-was akan nasib kendaraan dan barang berharga di rumah mereka.

Asuransi rumah juga mulai dilirik karena bisa jadi ada kebakaran, bencana alam, kejatuhan pesawat, dan kerusuhan atau perbuatan jahat orang lain. Begitu pula dengan asuransi perjalanan, setelah adanya kecelakaan pesawat yang menggemparkan warga dunia, maka masyarakat juga mulai melirik asuransi satu ini.

ilustrasi ausransi rumah-kompas-bisnis keuanganSalah satu perusahaan asuransi yang memiliki beragam asuransi kerugian seperti yang saya sebutkan di atas dan asuransi jiwa adalah Allianz Indonesia. Perusahaan ini mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1981 dan kini telah memiliki 93 kantor pemasaran di 46 kota di seluruh Indonesia. Selain berfokus pada asuransi jiwa, asuransi umum, dan asuransi kesehatan, Allianz Indonesia juga melayani nasabah yang berfokus pada perlindungan pensiun atau yang menginginkan asuransi berbasis syariah.

Asuransi Nyaman dan Bermanfaat
Ada anggapan bahwa agen asuransi kerap menjerat nasabahnya. Mereka bermanis muka untuk menjaring premi nasabah dan kemudian meninggalkan nasabah terjebak dengan masalahnya. Oleh karena itu calon nasabah perlu mempelajari ketentuan dan manfaat yang diperoleh sebelum mengambil sebuah produk asuransi. Bisa jadi mereka membayar premi terlalu mahal karena mengambil beragam produk yang ternyata manfaatnya sama atau kurang bermanfaat bagi mereka.

Ada pula yang merasa dikecewakan dengan produk bancassurance atau yang lazim disebut unit link karena kurang memahami cara kerjanya. Asuransi jenis ini memang ditujukan untuk mereka yang sibuk dan sulit mengatur waktu untuk mengurus asuransi kesehatan, asuransi jiwa, sekaligus berinvestasi.

Oleh karena itu sebagai pamungkas artikel ini, agar asuransi nyaman dan bermanfaat. Maka lebih baik Anda memeriksa kondisi keuangan, kondisi fisik keluarga, dan cek seluruh harta berharga Anda sebelum menentukan pilihan produk asuransi komersial. Dan jangan lupa untuk membaca ketentuan dan manfaat dari produk asuransi secara detil sebelum menandatangani polis Anda.

Anda berasuransi, Anda melindungi seluruh keluarga dan harta Anda.

Gambar diambil dari: dai.or.id, vivanews, kompas.co.id

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 20, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: