Princess Mononoke: Putri Serigala Penjaga Hutan

princess monokeke

Desa tempat tinggal Ashitaka tiba-tiba diserang babi hutan raksasa yang nampak kesetanan. Rupanya ada monster merasuk tubuh babi hutan yang lahir dari kemarahan dan keputusasaan. Lengan Ashitaka yang terciprat darah pun tak lepas dari kutukan.Ia harus mengembara menemui dewa hutan dan menemukan penyebab kutukan pada babi dan dirinya tersebut

Oleh karena darah monster pada lengannya, kekuatannya menjadi tak terduga. Ia mampu menebas lengan musuh dengan panahnya, sehingga ia harus lebih berhati-hati.

Ketika Ashitaka tiba di sebuah hutan, ia melihat tiga serigala raksasa menyerang manusia. Ia heran melihat ada seorang gadis jelita bersama kawanan serigala tersebut. Rupanya ia menyerang penduduk desa penambang besi karena desa tersebut merusak alam dan hutan. Kawanan babi hutan tewas oleh senjata mereka. Ia berniat melenyapkan desa yang dipimpin Eboshi maniak senjata dan kembali menghidupkan hutan yang dicintainya. Mana yang dipilih Ashitaka, melindungi manusia atau membantu upaya gadis serigala bernama San tersebut.

Anime ini memiliki grafis yang oke dengan plot cerita yang menarik meski alur ceritanya agak lamban. Tokoh Ashitaka adalah karakter utama yang menghadapi pilihan dilematis, melindungi bangsa manusia atau melindungi hutan bersama gadis yang menarik hatinya.

Memang ada beberapa hal yang membuat jengkel dan pilu atas keraguan Ashitaka bertindak, namun keberanian dan keteguhan Ashitaka memegang janji patut dihargai meskipun sepertinya ia sudah melupakan janjinya untuk menjaga hatinya khusus untuk gadis di desanya setelah bertemu putri serigala.

Ada berbagai karakter menarik di sini, seperti Kodama, spirit hutan yang unik dan bersikap masa bodoh sering muncul di anime karya studio Ghibli, dewa hutan yang berwujud nightwalker dan rusa agung, babi hutan yang dipimpin babi putih raksasa bernama Okkoto dan kawanan serigala yang dipimpin Moro.

Tema kerusakan lingkungan juga menarik di sini. Manusia digambarkan sebagai makhluk yang serakah dan menang sendiri, sehingga bangsa hewan pun terpaksa bertindak untuk menjaga keutuhan hutan bagi seluruh penghuninya.

Detail Film:
Judul : Princes Mononoke
Sutradara : Hayao Miyazaki
Genre : Anime, dongeng, fantasi
Rating: 8,4/10
Gambar : entropymag.org

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 6, 2015.

Satu Tanggapan to “Princess Mononoke: Putri Serigala Penjaga Hutan”

  1. […] daftar ulasan film anime Ghibli di blog ini: 1. Princess Mononoke 2. Ponyo 3. When Marnie was There 4. Howl’s Moving Castle 5. Spirited Away 6. Iblard Jikan 7. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: