Terima Kasih Pahlawan Bangsa

Lirik lagu pada pahlawan

Selamat hari pahlawan! Setiap tanggal 10 November untuk mengenang aksi perlawanan rakyat Surabaya melawan sekutu pada 70tahun silam maka ditetapkan sebagai hari Pahlawan. Aksi Bung Tomo cs memang mampu menggelorakan semangat nasionalisme untuk mempertahankan kemerdekaan.

Saat masih berkuliah dan tinggal di Surabaya, 10 November meriah diperingati. Ada fragmen yang menggambarkan peristiwa perjuangan masa itu. Ada juga dialog dengan para veteran.

Terkadang ada juga oknum yang mengaku keluarga veteran dan kemudian merapat di Hotel Majapahit Oriental yang dulunya adalah Hotel Orange tempat peristiwa perobekan bendera merah putih biru menjadi merah putih. Sayangnya oknum tersebut pernah saya pergokin waktu masih jadi kuli tinta malah melakukan perbuatan yang merusak citra para veteran.

Tentang pahlawan, semua yang berjasa bagi negara adalah pahlawan, seperti guru, petugas kebersihan, dan mereka yang ikhlas menyapu ranjau paku di jalanan. Akan tetapi pahlawan nasional baik pahlawan perjuangan maupun yang mempertahankan kemerdekaan memiliki nilai lebih. Oleh karena mereka mampu membawa perubahan bagi kehidupan bangsa dan negara.

Pahlawan masa itu rela berkorban, termasuk keluarganya. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana menjadi istri pejuang masa itu. Bagaimana mereka ikhlas suami dan anak-anak mereka berjuang di garis depan. Mereka benar-benar wanita hebat yang tidak memikirkan nasib dirinya sendiri.

Para pejuang juga memiliki semangat baja. Mereka rela disiksa asal rahasia terjaga. Bahkan mereka sudah tak lagi memikirkan nyawa asal tujuan tercapai seperti kisah Puputan Margarana di Bali.

Jasa pahlawan tersebut harus kita hargai. Bukan hanya melalui peringatan megah, melainkan bukti nyata membangun negeri agar rakyat sejahtera, selain itu dengan janji untuk memelihara persatuan kesatuan bangsa.

Jangan ada isyu SARA yang merusak persatuan. Akan ada banyak pihak yang tertawa puas jika Indonesia pecah belah. Jangan ada lagi Timor-Timur kedua atau kasus Sipadan Ligitan. Indonesia harus tetap satu.

Tentang veteran saat ini sudah ada penghargaan dalam bentuk pensiun yang dikelola Taspen dalam wujud tunjangan veteran tiap bulannya. Jika veteran tersebut meninggal, maka tunjangannya akan beralih ke janda/dudanya asal tidak menikah lagi. Saat veteran atau janda/dudanya meninggal maka juga akan mendapat santunan kematian bagi ahli warisnya.

Seandainya masih ada veteran yang belum mendapatkan haknya maka bisa menghubungi legiun veteran RI (LVRI) yang berkantor pusat di samping Plaza Semanggi dan memiliki cabang di berbagai kota. Setelah diverifikasi asal kesatuan dsb, maka bisa didaftarkan sebagai peserta Taspen dan mendapatkan hak tunjangan veteran.

Oh iya tanggal 10 November juga merupakan ulang tahun ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Saat ini ITS telah berusia 55 tahun. Wah biasanya dulu saya ikut menyanyi sebagai paduan suara membawakan Hymne ITS hehehe.

Almamaterku yang cintai..Ibu yang luhur ITS
Tetap membara semangatmu, cita-citamu tak kendur
Sepuluh Nopember Empat Lima mendorong menjiwaimu
Melangkah ke arah tujuan dengan tekadmu yang teguh…

Saya rupanya masih lumayan hafal gara-gara sering ikut mengisi wisuda dan HUT ITS hehehe. Selamat ulang tahun ITS..vivat ITS…
Selamat hari pahlawan!

Gambar: screenshoot pada yayasanmusikpelanginusa.blogspot.com

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 10, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: