Bagaimana Masakan Nusantara Diciptakan?

IMG_20160812_212415

Ada banyak hal menarik tentang masakan nusantara. Begitu warna-warni dan kaya ragam. Tiap daerah memiliki masakan khas unggulan. Bisa dibilang Indonesia adalah negeri 1001 masakan. Bagaimana mereka menciptakan berbagai resep masakan tersebut?

Masakan Indonesia umumnya kaya rempah seperti rendang, soto, rawon, sayur lodeh, dan masih banyak lagi.Adakalanya proses memasak memerlukan waktu sekian lama seperti dodol, rendang, dan kue delapan jam. Beberapa masakan juga perlu melewati proses fermentasi terlebih dahulu sehingga perlu waktu lebih lama lagi, contohnya tape, temoe dan tempoyak.

Keragaman masakan nusantara ini membuat saya penasaran seperti apa prosee kreatifnya. Bagaimana mereka tahu bahwa membuat bumbu pecel, perlu kacang tanah, kencur, dan berbagai bumbu lainnya. Bagaimana mereka tahu kedelai dicampur ragi bisa menjadi tempe? Bagaimana mereka tahu rasa berbagai macam bumbu yang sebagian di antaranya merupakan tanaman umbi akar?

Menurut saya pengetahuan dan wawasan kuliner bangsa Indonesia luar biasa. Ada pendapat yang mengatakan kekayaan khazanah masakan Indonesia lahir karena perdagangan dan pertemuan berbagai bangsa di Indonesia. Ya..ya..ya ada berbagai masakan yang terpengaruh oleh budaya luar, seperti perkedel, semur, kroket, klappertart, panada, dan pastel dari bangsa Eropa.

Bangsa Tiongkok juga memberi pengaruh pada masakan seperti bakso, bakpao, mie, bihun, capcai, tahu, dan lumpia. Sedangkan India lekat dengan kari dan martabak.

Tapi pengaruh dari bangsa luar tersebut hanya sebagian kecil dari beragam masakan Indonesia. Tempe, sate, dan dawet adalah contoh masakan asli Indonesia.

Menyimak kekayaan kuliner bangsa Indonesia rasanya sayang jika kita tak tahu sejarahnya dan mencintainya. Rasa cinta pada kuliner bangsa bisa dimulai dengan belajar resep masakan tradisional.

Hemmm…saya masih penasaran akan pengetahuan nenek moyang. Bagaimana mereka tahu keluwek itu aman dan cocok buat rawon ya?

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 15, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: